Wakili Indonesia, Ambon Ditetapkan Sebagai Kota Musik Dunia

4 November 2019 | Musik
Bagikan:

Ambon, Maluku, secara resmi telah ditetapkan sebagai Kota Musik Dunia oleh UNESCO pada 30 Oktober 2019 yang lalu. Ambon masuk dalam daftar 66 Kota Kreatif baru oleh UNESCO di seluruh dunia yang mengutamakan kreativitas dan ekonomi kreatif dalam pembangunan kota.

Menariknya, pada akhir Maret 2019, Syarif Hadler, wakil wali kota Pemerintah Kota Ambon, sempat menyampaikan mengenai persiapan Ambon menuju Kota Musik Dunia.

Ketika itu, Syarif mengatakan, “Oktober sudah pasti. Bulan April, perwakilan dari UNESCO akan datang ke Ambon untuk evaluasi.”

Musik memang tidak pernah terlepas dari kehidupan masyarakat Ambon. Bahkan, bisa dikatakan musik adalah DNA masyarakat Ambon.

“Musik selama ini hanya merupakan kebiasaan dan hobi bagi masyarakat, terutama anak-anak muda, anak-anak muda bernyanyi di lorong, pinggir jalan. Musik Ambon itu lebih ke pop, “ujar Syarif ketika itu.

Lebih lanjut, ia mengatakan, “Nah itu kita dorong, itu tidak sekadar hobi dan kebiasaan, tapi bagaimana musik itu mempunyai nilai ekonomi.”

Kini, Ambon telah berhasil menyandang gelar Kota Musik Dunia. Semoga dengan predikat ini, musik bisa memberi ruang bagi pertumbuhan ekonomi Ambon dan melahirkan lebih banyak talenta musisi lokal yang berkualitas. 


Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *