fbpx
banner

Tuan Tigabelas dan Weird Genius Berkolaborasi Garap Lagu “Narzo Power”

26 Juni 2020 | Musik
Tuan Tigabelas dan Weird Genius

Tuan Tigabelas, seperti yang banyak orang tahu, adalah seorang rapper dengan jenis dan tema musik yang masih belum mainstream di industri musik Indonesia: hip-hop, dengan lirik yang penuh kritik sosial. Namun Tuan Tigabelas baru-baru ini mencoba untuk keluar dari zona nyamannya, ditantang oleh realme untuk menciptakan lagu hip-hop rap dan berkolaborasi dengan Weird Genius dalam tema teknologi dan semangat anak muda.

Ketika berbicara tentang titik awal karier musiknya, Tuan Tigabelas sudah memulai karier bermusiknya sejak ia kuliah di salah satu universitas swasta di Indonesia atau lebih tepatnya pada tahun 2007. Perjalanan musik Tuan Tigabelas berlanjut pada 2009 di mana ia mulai menulis lagu-lagunya sendiri. Ingin menantang dirinya sendiri, pada tahun 2011 ia membentuk band hip-hop pertamanya dengan nama “Rebel Education Project (REP)” dan ia menjadi pemain utama alias vokalis di band tersebut. Melalui band itu pula ia merilis album pertamanya yang berjudul Letter To pada tahun 2014.

2016 adalah titik balik Tuan Tigabelas di karir musiknya: memulai karier solo. Tidak mudah baginya untuk memulai level musik baru itu dan membuat nama panggung baru – Tuan Tigabelas. “Tidak ada filosofi rumit di balik nama itu. Tuan artinya laki-laki dewasa, dan saya lahir pada 13 Oktober. Jadi, saya memilih Tuan Tigabelas untuk nama panggung saya dan saya pikir itu cukup menarik,” tambahnya.

Undangan untuk manggung mulai berdatangan dan membuatnya bersemangat untuk menciptakan lagu-lagu lainnya. Sampai akhirnya, dia menciptakan album solo pertamanya bertajuk Harimau Soematra yang telah rilis pada Juli 2019 lalu dan album yang berisi banyak kritik sosial ini ternyata terbilang sukses. Karena kesuksesannya, salah satu dari merek teknologi di Indonesia mendatanginnya, menantangnya untuk menciptakan sesuatu yang berbeda.

Baca Juga:  September Mendatang ABBA Rilis Single Terbaru?

“Saya diundang oleh realme untuk membuat karya lagu untuk memperkenalkan salah satu seri baru mereka, realme Narzo. Salah satu alasan realme berkolaborasi dengan saya adalah karena seri baru mereka memiliki kinerja tinggi di kelasnya, seperti musik rap dan hip-hop yang perlu memiliki kinerja yang baik saat bernyanyi. Tentunya ini menjadi tantangan tersendiri karena saya tidak pernah membuat lagu bertema teknologi dengan semangat anak muda sebelumnya,” kata Tuan Tigabelas.

Selama proyek ini berlangsung, bersama dengan Tuan Tigabelas, realme juga mengundang Weird Genius – grup musik elektronik untuk membuat bagian produksi musik. Weird Genius telah mendapatkan pengakuan dari penggemar EDM dan mengumpulkan lebih dari jutaan pendengar melalui platform streaming musik digital. Terutama dengan rilis terbaru mereka, Lathi, yang telah memperoleh lebih dari 40 juta penonton di YouTube secara organik.

Kedua musisi ini dipilih karena karya mereka menginspirasi anak muda. Produksi musik dan lirik yang mereka buat memiliki irama yang upbeat, memompa semangat dan menghentak. Meskipun mereka menikmati proses saat menciptakan lagu baru, mereka juga harus dapat merasakan energi langsung dari audiens, sejalan dengan Narzo yang memiliki performa terbaik untuk menyalakan semangat anak muda ketika menggunakan smartphone berkat spesifikasi yang dibawanya.

Baca Juga:  Muse, the Rolls-Royce Art Programme akan Mengumumkan Dream Commission Terpilih

Maka “Narzo Power” lahir. Lagu berdurasi 3 menit ini diisi dengan irama upbeat yang akan membuat pendengar mengangguk-anggukkan kepalanya. Liriknya cukup catchy, yang menceritakan tentang seri baru realme Narzo yang memiliki kinerja yang dapat menyulut semangat anak muda di Indonesia. Lirik lagu ini juga menyiratkan bahwa para anak muda harus miliki semangat tanpa batas, tidak pernah berhenti untuk berada di garis depan. Sama seperti realme yang mampu menyediakan smartphone dengan teknologi terdepan untuk memfasilitasi anak muda Indonesia dalam mencapai semua potensi mereka.

Berkolaborasi dengan dua musisi lokal terkenal bukan hal pertama yang dilakukan oleh realme untuk meluncurkan produknya. Sejak realme muncul di Indonesia, ia memposisikan dirinya sebagai perusahaan Tech Trendsetter dan menggunakan pendekatan yang sangat unik untuk berkomunikasi dengan penggemar mudanya. Sebelumnya, realme bahkan berkolaborasi dengan DJ Alan Walker yang terkenal di dunia untuk menyetel output suara dari realme Buds Wireless, earphone nirkabel pertama dari realme. Berkat Alan Walker, realme Buds Wireless memberikan pengalaman mendengarkan musik yang lebih baik terutama untuk musik elektronik.

Setelah dirilis di YouTube, banyak pecinta gadget dengan cepat memberikan apresiasi tinggi untuk lagu tersebut, dan terpana oleh musik dan penyanyi pada video, menciptakan gebrakan di industri teknologi. Lagu ini sudah dilihat lebih dari 950 ribu penonton secara langsung melalui acara peluncuran realme pada 16 Juni lalu, ketika lagu tersebut debut.