fbpx

Tips Membuat Konten Edukasi Menarik dari Kreator TikTok

23 Oktober 2021 | Gaya Hidup
Tips Membuat Konten Edukasi Menarik dari Kreator TikTok

Konten edukasi atau berbasis skill merupakan salah satu konten yang dengan pertumbuhan paling cepat di platform TikTok. Banyak kreator yang memberikan inspirasi dan informasi bermanfaat lewat konten edukasi yang menarik.

Membuat konten edukasi yang menarik, memang butuh kreativitas dalam mengemasnya. Selain menarik, pesan yang ingin disampaikan juga harus mudah dimengerti bagi para pengguna ataupun masyarakat umum.

Kali ini, sejumlah kreator TikTok top coba membagikan tips dan inspirasi bagaimana membuat konten edukasi yang menarik. Seperti apa tipsnya?

Tentukan Ciri Khas Konten

Untuk menentukan konten apa yang bisa menjadi ciri khas kita, para kreator menyarankan untuk menyesuaikannya dengan apa yang kita kuasai atau gemari. Dengan begitu, konten yang dihasilkan pun bisa lebih akurat dan bermanfaat.

“Menghasilkan konten sesuai skill kita juga akan membantu kita untuk tidak kehabisan ide, karena masih seputar apa yang kita sukai atau yang kita jalani sehari-hari,” kata Erika Richardo, kreator yang konsisten mengunggah konten seputar hobi melukisnya.

Baca Juga:  Klaster Perkantoran Meningkat Pasca PSBB Transisi, Ini Tips Bekerja Aman ala HR

Konsistensi Tingkatkan Kualitas Konten

Mendapatkan banyak view dan like terkadang bisa membuat kita terlena untuk fokus kepada dua hal tersebut. Namun, konsistensi dalam mengunggah konten justru menjadi faktor penting untuk meningkatkan kualitas konten.

Tips ini disampaikan oleh Urrofi, kreator foto dan videografi, yang berhasil membangun bisnis Urro Films sejak aktif di TikTok. “Sebaiknya kita tidak overthinking terhadap konten yang ingin kita unggah. Semakin konsisten kita mengunggah konten, jam terbang untuk membuat konten pun semakin tinggi, dan kita bisa melihat kualitas mana yang perlu ditingkatkan,” kata Urrofi.

Berani Memulai Dan Coba Berbagai Jenis Gaya

Niat yang besar untuk menjadi kreator, kadang dihalangi oleh keraguan atau rasa tidak percaya diri. Vina Muliana, pegawai di sebuah BUMN yang juga aktif sebagai kreator motivasi karir di TikTok menyampaikan bahwa yang penting kita bisa memulai dulu dengan menghasilkan konten yang ringan. dr Farhan Zubedi, kreator TikTok yang juga seorang dokter dan Pak Win yang terkenal dengan konten seputar bisnis di akun Asahpolapikir juga menyarankan untuk mencoba berbagai gaya dalam membuat konten, sampai akhirnya menemukan gaya yang bisa menjadi ciri khas untuk jangka panjang.

Baca Juga:  realme Akan Luncurkan realme 5 dan realme 5 Pro ke Indonesia

Sementara, Angga Anugrah Putra, Head of Operations, TikTok Indonesia mengatakan, konten edukasi di TikTok bukan hanya seputar pendidikan formal, tapi juga mencakup tips dan tutorial tentang soft skill dan hobi, ataupun pengalaman pribadi dari tempat kerja atau studi yang sedang ditempuh.

“Kami berharap ada semakin banyak pengguna yang ikut terinspirasi dan menghasilkan konten-konten edukasi lainnya untuk memberikan beragam informasi bermanfaat di platform TikTok,” kata Angga.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *