fbpx

Thom Yorke Rilis Ulang Lagu “Creep”

15 Juli 2021 | Musik

Vokalis grup band Radiohead, Thom York baru saja merilis rekaman lagu “Creep” versi baru. Ia merilis dalam bentuk video animasi di laman YouTube pribadinya.

Lagu “Creep” remix yang Thom sajikan terdengar lebih mendayu, dihiasi ambience yang lebih nyaring meski tanpa kehadiran perkusi dan suara drum.

“Creep” kembali dihidupkan dengan aransemen baru setelah nyaris 30 tahun usianya. Pertama kali, lagu Creep dirilis tahun 1992 setelah Radiohead mulai bekerja sama dengan EMI Records.

Lagu orisinal “Creep” masuk dalam album perdana Radiohead berjudul ‘Pablo Honey’ yang dirilis tahun 1993. Versi orisinal lagu “Creep” dirilis dengan aransemen rock mendayu, khas band-band alternative rock era 90-an.

Lagu tersebut ditulis oleh Thom Yorke, dan menceritakan ketertarikan seksual seseorang yang bersifat obesesif, hingga merusak diri. Lagu tersebut tak pernah turun pamor hingga hari ini.

Setelah “Creep” dan album ‘Pablo Honey’, Radiohead meneruskan eksistensinya hingga kini. Mereka telah melahirkan sembilan album rekaman, termasuk salah satu yang terpopuler adalah ‘OK Computer’ (1997).

Baca Juga:  Rich Brian dan NIKI, musisi Indonesia pertama di Coachella

Radiohead pada tahun 2017 merilis ulang album ‘OK Computer’, setelah tahun 2016 merilis album rekaman ke-9 berjudul ‘A Moon Shaped Pool’.

Selain bersama Radiohead, Thom Yorke juga eksis bersolo karier. Proyek solonya hingga kini telah tertuang di tiga album rekaman, ‘The Eraser’ (2006), ‘Tomorrow’s Modern Boxes’ (2014), dan ‘Anima’ (2019).