The Family Acid: California, Gambaran Visual Sisi Lain California Era 70an

16 Desember 2019 | Seni

Berasal dari Bay Ridge, Brooklyn, fotografer Amerika dan sejarawan Roger Steffens merindukan belaian lembut dari dunia yang alami, daripada hutan aspal tempat ia dibesarkan.

Pada tahun 1967, ia dan tiga temannya memutuskan untuk melakukan perjalanan lintas negara ke San Francisco selama musim panas. Sayangnya perjalanan itu tidak seperti yang diimpikan Steffens. “Saya adalah bagian dari kuartet GI, yang dirancang bertentangan dengan keinginan kami, karena dipaksa untuk pergi ke Vietnam untuk melayani sebagai propagandis pemerintah dalam unit operasi psikologis,” ujar Steffens dikutip dari buku The Family Acid: California (OZMA).

“Malam sebelum kami dikirim ke Nam (Vietnam), sepasang teman penyair, Jerry Burns dan Gene Fowler, membawa kami ke puncak Gunung Tamalpais, di seberang Jembatan Golden Gate. Di sana kami melihat matahari terbenam 360 derajat berwarna merah darah yang menakjubkan di atas Teluk dan lautan serta pegunungan di bawahnya. Saya bersumpah bahwa jika saya berhasil melewati perang, saya akan kembali ke sini untuk melanjutkan hidup. “

Sementara itu di Saigon, Stefeens membeli kamera Canon FT, yang ia gunakan untuk mendokumentasikan pekerjaannya dengan para pengungsi selama dua tahun lamanya. Ketika Steffens kembali ke Amerika Serikat, dia menetap di California, seperti yang dia rencanakan, dan menerbitkan beberapa foto di Chicago Tribune, San Francisco Chronicle, dan juga majalah Rolling Stone.

Di California, sebuah era baru tiba, dia bertemu dengan fotografer majalah Time-Life, Tim Page dan bersama-sama mereka mulai melakukan perjalanan menyusuri California selama kurun waktu tahun 1970-an.

“Banyak hal yang saya pelajari tentang fotografi adalah karena Tim, penguasa ‘tembakan yang dipengaruhi perang’,” ujar Steffens.

“California menyediakan serangkaian stimulasi visual tanpa henti, mulai dari potret sesama pencipta hingga alam yang paling menggembirakan, dari tepi laut hingga puncak gunung, padang pasir hingga hutan kayu merah, pemandangan kota yang penuh gejolak dengan ephemera mereka yang selalu berubah hingga tempat peristirahatan yang tenang. Saya tidak pernah berani pergi ke mana pun tanpa kamera saya” tambahnya.

The Family Acid: California adalah potret liris perjalanan Steffens melalui kehidupan: tempat-tempat yang ia kunjungi, orang-orang yang ditemuinya, keluarga yang ia buat. Ini adalah kisah tunggal dengan daya tarik universal, perwujudan klasik dari gagasan: “Tuhan ada dalam perinciannya.” Ini adalah buku yang diambil dari pohon The Family of Man, dipetik seperti apel pengetahuan yang mengundang kita kembali ke Taman Eden.