fbpx
banner

Tentang Kelangkaan Masker, Virus Corona dan Kebijakan WHO

3 Maret 2020 | Gaya Hidup

Dikutip dari Antaranews, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengimbau masyarakat tak menunjukkan kekhawatiran yang berlebih menyusul terkonfirmasinya kasus infeksi virus corona COVID-19 di Indonesia. Termasuk dalam hal penggunaan masker. 

Terawan meminta masyarakat lebih memperhatikan dan menjaga kekebalan tubuhnya, selain mengingatkan bahwa tingkat kematian akibat virus itu yang kurang dari dua persen. Selebihnya, mengimbau masyarakat yang sakit dengan gejala awal batuk, sesak napas dan sejenisnya untuk aktif memeriksakan diri ke rumah sakit dan Puskesmas.

Wakil Kepala Bidang Penelitian Fundamental Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Herawati Sudoyo, menganjurkan sebaliknya. Menurutnya, akan lebih baik menggunakannya di ruang publik di tengah kondisi sekarang ini. Herawati berkacara kepada kebijakan di Singapura dan Jepang yang menganjurkan warganya mengenakan masker, selain menghindari bepergian ke ruang publik. 

Merujuk ke laman resmi Badan Kesehatan Dunia, WHO, masker memang tak diperlukan jika seseorang dalam keadaan sehat. Di sana disebutkan kalau masker hanya perlu saat merawat seseorang yang kemungkinan terinfeksi virus corona COVID-19.

Di luar itu, WHO menganjurkan pakai masker jika sedang batuk atau bersin-bersin. Itupun hanya efektif jika dibarengi kebiasaan cuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun, atau cairan antiseptik berbahan dasar alkohol.

Baca Juga:  Thom Yorke Rilis Zine Terbarunya "Crack Magazine Present I See You"

WHO juga menekankan penggunaan dan membuang masker dengan tepat. Berikut ini cara mengenakan, menggunakan, melepas dan membuang masker yang dianjurkan:

– Sebelum mengenakan masker, cuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun atau antiseptik berbahan dasar alkohol

– Tutup mulut dan hidung dengan masker, pastikan tidak ada jarak antara masker dan wajah

– Hindari menyentuh masker yang sedang kamu pakai. Jika menyentuhnya, cuci tangan Anda dengan air bersih yang mengalir dan sabun atau antiseptik berbahan dasar alkohol

– Segera ganti masker yang baru jika sudah terasa lembap. Jangan gunakan masker sekali-pakai hingga berulang kali

– Untuk melepas masker: lepaskan dari belakang (jangan sentuh bagian depan masker); segera buang ke tempat sampah tertutup; bersihkan tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun atau antiseptik berbahan dasar alkohol

https://www.instagram.com/p/B9QzszghCub/?utm_source=ig_web_copy_link