fbpx
banner

Temukan Kembali Semangat Pagi Bersama Bartelemi di “Arunika”

5 Agustus 2020 | Musik
Bartelemi

Pandemi COVID-19 telah mematahkan banyak arang. Pekerjaan terhenti, aktivitas tertunda, dan manusia harus merubah cara mereka hidup. Namun hidup terus berjalan dan kita tetap harus berusaha bertahan. Tetap memberikan semangat terbaik menyambut matahari pagi. Untuk mencari semangat menyambut pagi, grup musik asal Jakarta Bartelemi resmi merilis single ketiganya dengan judul “Arunika”. Single ini dirilis setelah Bartelemi memperkenalkan diri melalui single pertamanya “Raga” dan single keduanya “Deru Waktu” pada 2019.

Kisah awal “Arunika” diinisiasi oleh Gerry sang gitaris. Bergabung sebagai vokalis dan personil terbaru, Bob mulai menuliskan lirik yang dirasa tepat dengan suasana lagu setelah mendapatkan pattern awal dari Gerry. Selanjutnya, lokakarya lagu dilangsungkan dengan seluruh personil, yaitu Batara pada gitar, Kiky pada drum, dan Afdha pada bass. “Lagu ini bercerita tentang pencarian seseorang untuk menikmati kehidupan, ketika ingin menikmati matahari pagi setelah lama terjebak dalam rutinitas, menumbuhkan kembali semangat pagi mereka” tukas Bob sang vokalis.

Grup musik yang terbentuk pada 2016 ini mengakui “Arunika” adalah karya dengan proses pembelajaran yang menarik. Setelah menentukan aransemen final, materi langsung dibawa ke Studio Kandang Duren Tiga untuk menentukan tambahan dan karakter suara. Memilih memproduksi lagu secara swakarya, Bartelemi berperan penuh dalam penggarapan teknis, termasuk mengolah mixing dan mastering lagu.

Baca Juga:  The Cloves And The Tobacco Rilis EP Ditengah Pandemi

Prosesnya juga tidak mudah, terdapat banyak perdebatan mengenai karakter lagu yang berbeda dengan single-single sebelumnya. Selain itu ketika merekam choir, Afdha mendapatkan tepuk tangan meskipun merekam dalam keadaan yang sangat mendadak. “Gue sempat keselek! Padahal lagi brainstorming buat suara choir” kenang Afdha mengenai Arunika. Bermacam kenangan tersebut seperti menjadi pemanis akan rilisnya karya teranyar mereka ini.

Dirilis dengan dukungan Spotlight Musik dan Collab Asia, “Arunika” akan dapat didengarkan melalui seluruh kanal digital pada 7 Agustus 2020 mendatang.