fbpx

Teenage Death Star Rilis Ulang The Early Years 88-91 Backyard Tapes

31 Desember 2020 | Musik

Di akhir tahun Covid-19, La Munai Records kembali merilis ulang salah satu album dari katalog lama musik Indonesia, dan juga menjadi rilisan penutup di tahun 2020.

Adalah album “seminal” The Early Years 88-91 Backyard Tapes, dari tahun 1991 milik band Indie Rock / Punk / Noise- Jazz mapan yang sudah cukup dikenal di kancah musik aruh bawah nasional,Teenage Death Star (TDS) dalam format kaset pita C-90 bersampul ganda. Album ini pertama kali di rilis sendiri oleh TDS atas bantuan FFWD Records pada tahun 2013 dengan format serupa dalam jumlah terbatas sebanyak 333 copy.

Untuk catatan album ini tak pernah dianggap sebagai album resmi. Cetakan pertama album ini habis terjual, tanpa para pembeli sadar apa sebenarnya cerita dibalik album ini.

Bisa dikatakan bahwa Backyard Tapes adalah embrio dari TDS, direkam di sebuah halaman belakang seorang kolega, proyek ini dikerjakan oleh Sun Liong Maestro-Studio diantara tahun 1988 -1991.

Baca Juga:  Nectura Hadirkan Album Kedua 'Narasi Penantang Dari Lanskap yang Ditinggalkan (NPDLYD)'

Rekaman ini dilakukan oleh segerombolan anak muda lintas usia dan beberapa diantaranya adalah para personil yang pada akhirnya dikenal lewat nama Teenage Death Star.

Pita reel rekaman ini ditemukan disebuah gudang Sun Liong bersama master tape antah berantah lainnya, setelah ditemukan segera reel tape ini disunting kembali dan diedarkan pada tahun 2013. Ini adalah
rekam jejak sebuah revolusi musik yang visioner pada masanya muncul dari keresahan kumpulan anak muda yang tersisihkan di Bandung.

Rekaman ini tak pernah dianggap di eranya bagaikan bongkahan maha karya yang terpendam dibalik rongsokan berdebu di sebuah gudang lembab. Karya yang baru bisa diapresiasi di masa depan dimana semua orang yang terlibat sudah tak peduli lagi.

Sampul album dikerjakan oleh dua seniman yang berbeda substansi, Agan Harahap dan Ahamad Rizzali. Dalam waktu dekat TDS berencana untuk membuat sebuah pameran seni rupa dan juga sebuah mini dokumenter tentang perjalan berkarir dari tahun1987 hingga saat ini.

Baca Juga:  Tampil dengan Vokalis Baru, NEAL Lepas Single "Lain Peran"


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *