fbpx

Songwriters Hub, Bentuk Apresiasi Spotify Kepada Para Penulis Lagu

21 Desember 2020 | Musik

Telah lama menggaungkan sorotan untuk pembuat musik, kali ini Spotify mencoba untuk merangkul para penulis lagu. Pada hari Kamis kemarin, Spotify meluncurkan “Songwriters Hub” yang menawarkan akses ke berbagai playlist serta podcast seputar penulis lagu. 

Mengutip dari Variety, Jules Parker sebagai Kepala Penulis Lagu dan Hubungan Penerbitan Spotify berkata bahwa dengan peluncuran “Songwriters Hub” ini mereka akan terus mengembangkan cara musik ditemukan, dihargai, dan dinikmati oleh dunia. Para penikmat musik pasti tahu siapa musisi tersebut, tetapi belum tentu tahu siapa penulis di balik lagu tersebut. Spotify ingin membantu menjalin hubungan tersebut dengan membantu orang-orang menemukan musik baru dan membuka peluang karier bagi penulis lagu. 

Playlist “Written By” pada Songwriter Hub menampilkan kumpulan lagu yang dibuat oleh para penulis lagu individu, seperti Hit-Boy dan Nija. Mereka telah banyak berkontribusi membuat lagu hits untuk Drake, Cardi B, Justin Bieber, dan Ariana Grande. Selain itu, kita juga dapat menemukan penulis lagu asal Indonesia, seperti Yovie Widianto, Nino, dan Ifa Fachir. Tentu tidak asing, mereka banyak mengerjakan lagu yang dinyanyikan oleh para musisi ternama di Indonesia, yaitu Raisa, Vidi Aldiano, serta Rossa. 

Baca Juga:  Romantika dan Pendewasaan Rub of Rub dalam “Oriental Eksotik”

Pada laman Spotify, Nija berpendapat bahwa adanya hub untuk penulis lagu sangatlah penting. Orang-orang perlu tahu siapa figur yang membantu membuat soundtrack kehidupan kita. Penulis lagu pun layak dipuji atas kontribusinya seperti halnya para musisi dan produser. 

Spotify akan terus meluncurkan playlist “Written By” dan membuat halaman mereka dapat diakses saat mengklik nama penulis dari daftar kredit lagu. Songwriters Hub dapat ditemukan dengan mengetik “songwriters” dalam search bar