fbpx
banner

Sejarah Jam Tangan G-SHOCK Yang Ikonik

29 Desember 2019 | Gaya Hidup
G-SHOCK

Diluncurkan pertama kali pada tahun 1974, Casio secara resmi memasuki industri jam tangan. Sebelum menemukan teknologi jam tangan digital, Casio dikenal sebagai perusahaan yang membuat kalkulator.

Dalam mengembangkan jam tangannya Casio memulai dengan pertanyaan mendasar, Apakah jam tangan itu? daripada hanya membuat versi digital dari jam tangan mekanik, Casio merasa bahwa jam tangan ideal haruslah jam tangan yang mampu menunjukkan waktu secara konsisten dan presisi. Di tahun 1974 Casio secara resmi meluncurkan CASIOTRON, jam tangan digital pertama di dunia dengan kalender otomatis dan hal ini menjadi sejarah baru yang teknologinya masih diadaptasi hingga sekarang.

G-SHOCK adalah jam tangan yang sangat tangguh, lahir dari mimpi para insinyur Casio tentang jam tangan yang tidak akan pernah rusak, dengan konsep pengembangan “Triple 10” yaitu desain jam tangan yang tahan dijatuhkan dari ketinggian 10 meter, tahan air sampai kedalaman 10 bar (100 meter) dan daya tahan baterai selama 10 tahun.

Baca Juga:  Prediksi Tren Travel 2020

Jumlah prototype yang dibuat untuk pengujian daya tahan ini mencapai 200 buah dan memerlukan waktu kurang lebih 2 tahun untuk terus mengembangkan desain dan meningkatkan kualitas. Setelah proses uji coba yang panjang dan sulit, akhirnya G-SHOCK diluncurkan secara perdana pada tahun 1983.

Dengan munculnya G-SHOCK sebagai jam tangan paling tangguh di dunia, seketika meluluhkan persepsi di masa itu dimana jam tangan adalah bagian paling rapuh dari perhiasan yang harus ditangani secara hati-hati.

Menggunakan 3 lapis perlindungan untuk onderdil, module, dan case, G-SHOCK menawarkan jenis jam tangan baru yang radikal yang tidak terpengaruh oleh benturan ataupun getaran. Dengan mudah jam tangan baru ini menjadi sangat populer yang menghasilkan ledakan penjualan besar-besaran pada awal tahun 90an. Dalam perkembangannya G-SHOCK memperkenalkan berbagai jenis sensor baru, baterai tenaga matahari, teknologi radio control untuk akurasi waktu, dan material baru untuk meningkatkan daya tahan jam tangan. Dengan penggunaan teknologi baru secara terus menerus G-SHOCK menjadi produk andalan Casio untuk jam tangan dan dengan desainnya yang ikonik, jam tangan ini masih sangat diminati hingga saat ini.

Baca Juga:  realme Band, Smart Band Fit & Style: Pendamping Kesehatan Selama Berpuasa