banner

‘Scenery’ Jadi EP Tentang Pandangan Rafi Sudirman Mengenai Kehidupannya

28 Juli 2020 | Musik
Rafi Sudirman

Usia tidak harus jadi penghalang untuk dapat membuahkan karya-karya luar biasa. Itulah yang bisa kita lihat dari sosok Rafi Sudirman. Sudah sejak kecil, Rafi benar-benar ingin untuk masuk ke dunia musik. Terbukti dengan prestasi yang diraih oleh Rafi di masa kecil, salah satunya menjadi Penyanyi Anak Laki- Laki Terbaik di AMI Awards tahun 2017, sekaligus menjadi salah satu anggota dari grup Di Atas Rata- Rata bentukan Erwin & Gita Gutawa , lanjut tahun ini tergabung dalam CHAS (Chaseiro All Stars) bentukan Chandra Darusman membuatnya semakin serius untuk berkarier di dunia musik. Setelah merilis debut EP “Bedroom Mix Vol.1” tahun lalu, kini musisi berusia 16 tahun ini kembali menyapa penikmat musik dengan EP keduanya yang diberi judul ‘Scenery’.

Berawal dari keinginan Rafi untuk dapat menceritakan apa saja yang dia alami dalam kehidupannya, ‘Scenery’ hadir dengan 5 buah lagu yang menurutnya cukup mewakilkan kisah hidupnya selama ini. “Dari lagu pertama sampai lagu ke-5 di EP ini saling memiliki cerita yang berkesinambungan Ini adalah pandanganku tentang kehidupanku. Itulah mengapa, aku menamakan EP ini Scenery”, jelas Rafi.

Sejak setahun yang lalu, selepas merilis EP pertamanya, Rafi sudah sibuk mempersiapkan EP kedua ini dan mulai menulis lagu terbarunya. Sebanyak 20 lagu telah Rafi ciptakan selama setahun, dan 5 lagu yang dia pilih untuk masuk ke dalam EP ini adalah lagu-lagu yang paling mewakili dirinya secara jujur. Murni diproduksi sendiri oleh Rafi, keseluruhan lagu di EP berlirik bahasa Inggris. Tidak ada alasan khusus memang, namun Rafi merasa sangat nyaman dengan menulis dan menyanyikan lagu dengan lirik berbahasa Inggris. “Aku juga berharap dengan lirik berbahasa Inggris ini, penikmat musik di negara lain juga bisa menikmati lagu-lagu yang kurilis”, ungkap Rafi.

Satu single telah dirilis oleh Rafi sebagai awal dari EP ini yaitu “When I’m All Alone”. Kini, dengan dirilisnya EP tersebut, Rafi kembali merilis single yang menjadi single keduanya. Lagu berjudul “Won’t You” dipilih Rafi untuk menjadi single kedua karena lagu ini menceritakan tentang bagaimana Rafi sedang ingin jujur dengan dirinya sendiri.

Selain itu, dengan dirilisnya EP terbaru ini, Rafi juga ingin memotivasi anak-anak muda yang seumuran dengannya untuk menghasilkan karya. “Aku ingin memberikan semangat temen-temen seumuran kalau mereka itu bisa melakukan sesuatu kalau ada niat. Kita bisa bikin karya dan bikin sesuatu kalau memang ada niat dari diri kita untuk membuat hal tersebut”.

Ingin tetap bisa membuat lagu yang relate dengan para pendengarnya juga merupakan tujuan dari Rafi Sudirman. Di masa depan, kita tentu akan tetap mendengarkan karya-karya terbarunya. Bahkan, Rafi ingin juga mengembangkan dirinya untuk mampu merilis sebuah album, sekaligus berkenalan dan bekerjasama dengan musisi lain ke depannya.