Sambut Natal, Vigilantrust Berkolaborasi dengan Christabel Annora Rilis Single “Jadikanlah Hatiku Seperti HatiMu”

27 Desember 2019 | Musik

Menyambut momen natal tahun 2019, Vigilantrust merilis sebuah single berjudul “Jadikanlah Hatiku Seperti HatiMu”. Tidak  sendiri, unit pop rohani tersebut juga mengajak singer-songwriter Christabel Annora untuk berkolaborasi dalam rilisan terbaru mereka ini.

Meskipun dirilis dalam rangka natal, tetapi Vigilantrust memandang bahwa pesan lagu ini bersifat luas dan universal. “Lagu ini adalah tentang bagaimana kita sebagai manusia untuk senantiasa bersyukur. Bersyukur tentang segala hal di sekitar kita, tentang berkat Tuhan, dan tentang anugerah bernama  hidup itu sendiri,” kata Risandy Eka, setengah dari unit ini.

Proses rekaman lagu ini dilakukan di berbagai tempat. Musik awalnya dikompose di Creatorikos Studio, Malang. Sedangkan proses rekam vokal dilakukan di Hotel Singgasana, Surabaya. “Ya, kami memindahkan berbagai alat rekam ke Surabaya. Sekalian liburan santai. Kebetulan Ibu saya yang support full dalam keseluruhan prosesnya juga membantu dalam akomodasi di sana,” terang Eka Catra sebagai divisi recording Creatorikos.

Di luar kebiasaan,  Ista, panggilan akrab Christabel Annora,  tidak bermain piano kali ini. “Di trek ini, saya full bernyanyi,” tutur dara yang baru merilis album keduanya bertajuk Dari Jauh ini. Ia juga mengakui bahwa bernyanyi tanpa bermain piano adalah sebuah tantangan tersendiri baginya. “Di luar comfort zone. Biasanya pegang tuts ‘kan, tapi kali ini enggak,” lanjutnya.

Setelah semua proses pra dan produksi telah usai, lagu inipun mengalami mixing dan mastering di Creatorikos Studio. Eka Catra kembali bertanggung jawab atas proses pasca-produksi ini. Sedangkan di sisi visual, ada Novaldo Tirta Damara Putra bertanggung jawab atas artwork, serta Michelle Brily sebagai bagian dokumentasi dan fotografi.

Sebagai tambahan, ide kolaborasi dengan Ista sebenarnya sudah sejak lama terrencana, tetapi selalu terbentur dengan jadwal masing-masing. Vigil & Risandy, yang merupakan personel Kos Atos disibukkan dengan tur album ketiga mereka, Local Heroes yang baru dirilis September kemarin. Sedangkan Ista yang berada di Surabaya sibuk mengajar sebagai dosen salah satu kampus di sana. “Nah puji Tuhan,  akhirnya pas liburan akhir tahun ini kami bisa bertemu dan menyelesaikan semuanya,” tutur Vigil, setengah lain dari unit ini.

Seperti yang telah disinggung di atas, lagu ini diharapkan bisa menjadi kado natal yang menggembirakan bagi semua orang, tanpa terkecuali. “Natal selalu mengingatkan kembali peran kita sebagai manusia sekaligus kasih Allah kepada kita manusia. Pada akhirnya, kita juga akan menularkan kasih tersebut kepada sesama. Harapanku, semoga  lagu ini senantiasa menjadi pengingat bagi kita untuk selalu saling mengasihi. Terima kasih Vigil dan tim yang sudah ngajak’in untuk berproses bersama,” pungkas Ista.

Vigilantrust sendiri merupakan side-project dari dua personel Kos Atos, Vigil Kristologus dan Risandy Eka Nugraha. Terbentuk dengan nama Vigilante yang ditandai dua rilisan pada tahun 2018, “Selamat Natal” dan “Penuh Semangat”, mereka kemudian melakukan rebranding dengan nama baru Vigilantrust. Tidak sendirian, mereka dibantu oleh Eka Catra  dari Kos Atos sekaligus Creatorikos Studio sebagai produser karya-karya mereka.