fbpx

“Romantic Purple” Themilo Dirilis Ulang dalam Format Digital

27 Desember 2020 | Musik

Satu lagu yang mungkin paling melekat di memori pendengar Themilo, mungkin bisa jatuh pada lagu berjudul “Romantic Purple”. Trek bernuansa dream pop yang menempel di side B album ‘Let Me Begin’, yang menjadi single utama ketika  itu, bersama lagu “Malaikat”.

“Romantic Purple” menjadi single kedua setelah “Perfect World”, sebagai pembuka syahdu sebelum album ‘Let Me Begin’ dirilis ulang secara digital oleh Anoa Records pada 9 Januari 2021 mendatang.

Pemilihan lagu ini pun karena mewakili dua karakter terpisah dari album tersebut, dimana side A (Perfect World) cenderung fuzzy dan distorsi seperti Boo Radleys (early albums), Ride, atau Revolver, dan side B (Romantic Purple) cenderung dream pop dan ethereal seperti Slowdive dan Cocteau Twins.

Ajie Gergaji masih mengingat proses pembuatan lagu ini termasuk cepat. Sekitar tahun 1999, “Romantic Purple” dikarangnya di kamarnya, dan kemudian digubah bersama para personil Themilo saat itu. Ritem akustik gitar sebagai struktur lagu dibungkus Themilo dengan berlapis reverb dan delay, termasuk pada vokal.

Baca Juga:  Themilo Rilis Ulang Dua Albumnya secara Digital

Inspirasi lagu ini berangkat dari pengalaman personal Ajie yang bertalian dengan hubungan jarak jauh dengan orang terdekatnya. “Yah, masa pencarian jati diri dan juga sedang dalam fase cinta cintaan. ngecengin cewek yang jauh dari kota tempat tinggal,” ungkap Ajie.

Ditanya alasannya memberikan judul lagu tersebut “Romantic Purple”, Ajie menjawab apa adanya. “inspirasinya dari lampu UV (Ultra Violet) di kamar saya, warna cahayanya UV itu kan purple. Itu saja sih, sederhana yah, tapi malah jadi lebih personal,” katanya.

“Romantic Purple” pun saat album ‘Let Me Begin’ ini dirilis, turut dibuatkan video klipnya. Suki, mantan basis Themilo yang kini menjadi gitaris band indierock Sugarsting, masih mengingat proses produksi video klip tersebut. Mereka dikontak oleh para mahasiswa UI ketika itu, Yosa dan Iba Bajumi. “Mereka ingin bikin video klip ‘Romantic Purple’, yah kita oke saja,” kata Suki.

Tapi hal paling teringat oleh Suki adalah betapa lamanya mereka harus menunggu syuting untuk dimulai. Seharian syuting di area kampus UI di tengah hari. ”Dulu tuh kita nunggu lama banget, nggak tau kenapa penyebabnya, apa karena pertama kali terlibat di produksi, atau memang crew produksinya masih baru. Tapi seru sih,” kenangnya.

Baca Juga:  10 DJ Internasional Akan Tampil Di “WE ARE CONNECTED” Bali