fbpx
banner

Ritual Sebenarnya dibalik Mistisnya Lagu “Lathi”

16 Juni 2020 | Musik
Lathi

Beberapa waktu terakhir lagu “Lathi” dari Weird Genius sempat menjadi bahan pembicaraan banyak orang, salah satunya karena munculnya komentar yang mengklaim “Lathi” sebagai lagu pemanggil setan.

ROEMAHIPONK Music Studio, studio digital yang mengerjakan lagu “Lathi” bersama Weird Genius dan Sara Fajira pun turut angkat berbicara menyikapi hal ini.

Seperti yang muncul di berbagai media sosial, lagu “Lathi” menuai banyak video reaction, terutama dari para YouTuber dari seluruh dunia. Di antaranya, ada yang memberi reaksi terhadap vokal Sara Fajira yang sebelumnya lebih dikenal sebagai rapper. Selain YouTube, ada banyak pula respon yang bermunculan di platform lain saking viralnya lagu ini. Ada komentar-komentar positif, ada pula yang julid. Salah satu komentar yang muncul di Twitter adalah “Lathi” diklaim sebagai lagu pemanggil setan, “Seperti memanggil Kuntilanak serta Roh Kuda Kepang. Tolong hentikannya!” demikian sempat tertulis dalam tweet Wan Dazrin pada hari Sabtu, 6 Juni 2020, meskipun sepertinya kini tweet tersebut telah dihapus.

“Proses rekamannya pure seperti pengerjaan karya seni lainnya yang kami kerjain, gak ada tuh ritual-ritual pemanggilan arwah, setan, atau semacamnya. Ritual yang ada lebih ke proses workshop yang dimulai dengan ngobrol dari hati ke hati berdua Sara. Waktu itu secara khusus aku meminta ijin untuk ngobrol berdua aja, tanpa ada teman-teman dari Weird Genius ataupun Ivan Gojaya yang pada waktu itu bertugas sebagai engineer. Jadi, harus minta mereka keluar dulu dari ruang rekaman.”

Baca Juga:  Rich Brian Merilis EP "1999"

“Aku dan Sara diskusi panjang mengenai latar belakang lagunya, yang seperti biasa selalu berakhir dengan curhat. Bahkan, di sela-selanya kadang ada mewek-meweknya juga yang pada akhirnya jadi sumber pendalaman emosi untuk mentrigger eksplorasi vokal ketika Sara menyanyikan lagunya. Selebihnya adalah ritual minum madu untuk menghangatkan dan melumas tenggorokan. Itu aja sih yang bisa dibilang ritual. Dan, itu yang memang selalu terjadi setiap kali aku direct vokal siapapun vokalis yang rekaman di ROEMAHIPONK,” papar Agustin Oendari, yang didapuk sebagai vocal director untuk Sara Fajira di lagu “Lathi”.

“Sebelum memasuki tahap editing lewat metode vocal comp, hasil mentahan Sara Fajira juga udah bagus banget karena memang ketika rekaman, Sara udah paham banget dan siap dengan lagunya,” Ivan Gojaya menambahkan. Lewat sebuah video edukasional, Ivan menjelaskan tentang metode yang dipakai dalam proses perekaman vokal Sara Fajira untuk lagu “Lathi”.

Dengan lirik yang ditulis oleh Reza “Arap” Oktovian dan Sara Fajira di atas musik yang dibuat oleh Eka Gustiwana dan Gerald Prayogo Pangestu, proses rekaman vokal Lathi digawangi oleh Ivan Gojaya, seorang producer-engineer yang juga mengawal lahirnya karya-karya dari musisi-musisi muda Indonesia, seperti GAC, Rich Brian, NIKI dan Ramengvrl.

Baca Juga:  Bottlesmoker Jadi Headliner Jai Thep Festival 2020 di Thailand

Lepas dari segala respon, baik positif ataupun negatif, dari dalam ataupun luar negeri, patut diakui bahwa Lathi telah menjadi karya anak bangsa yang sangat layak untuk dibanggakan. Dan, Weird Genius juga Sara Fajira adalah para musisi dari sekian banyak musisi Indonesia yang telah menampakkan nama Indonesia di panggung musik dunia.