fbpx

Rayakan 5 Tahun di Indonesia, JOOX Ajak Anak Muda Terus Dukung Musik Tanah Air

21 Oktober 2020 | Musik
Perayaan 5 Tahun JOOX

Sudah lima tahun JOOX hadir di Indonesia memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memilih dan mengatur lagu yang ingin didengarkan kapan pun dan di mana pun. Perkembangan produk pun terus dilakukan demi memungkinkan para musisi Indonesia untuk menjangkau lebih banyak pendengar melalui cara yang lebih interaktif. Hal tersebut pun diamini oleh pemerhati musik Wendi Putranto sebagai salah satu pendorong munculnya musisi-musisi baru yang mampu menghadirkan beragam karya berkualitas.

“Belakangan ini, platform streaming musik sangat digandrungi masyarakat karena dirasa dapat memudahkan mereka menemukan dan mendengarkan lagu yang sesuai dengan selera mereka. Platform ini pun diandalkan para musisi dalam mengenalkan karya mereka karena adanya pemanfaatan teknologi machine learning yang mampu merekomendasikan musik mereka kepada audiens yang tepat. Beragam fitur interaktif yang ditawarkan juga memungkinkan musisi berinteraksi dengan audiens di mana pun mereka berada. Hal tersebut pastinya sangat mendorong perkembangan musik tanah air. Lihat saja lima tahun belakangan ini, banyak musisi baru Indonesia yang muncul menghadirkan karya berkualitas dengan genre musik yang semakin beragam,” jelas Wendi Putranto.

JOOX juga melihat perkembangan pesat industri musik Indonesia yang ditandai dengan perubahan preferensi musik pengguna. Head of JOOX Indonesia, Peter May menyampaikan, “JOOX melihat pengguna semakin menggandrungi musik Indonesia seiring dengan meningkatnya local pride masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari total konsumsi lagu Indonesia yang meroket 300% dibandingkan tahun pertama JOOX di Indonesia. JOOX juga mencatat porsi musik Indonesia yang semakin mendominasi jajaran top chart dari tahun ke tahun. Di tahun 2020 ini, lagu Indonesia menduduki 80% top chart JOOX, empat kali lipat dari tahun 2016,”

Baca Juga:  Sunlotus Rilis Single Ketiga “Sunroof Shelter (This Old House)”

“Musik dangdut saat ini juga semakin diapresiasi oleh seluruh kalangan masyarakat dari segala usia yang ditandai dengan kenaikan konsumsi hingga 3 kali lipat dari tahun sebelumnya. Sejak 2019, kami pun melihat perkembangan signifikan dari musisi-musisi indie. Perkembangan tersebut memotivasi JOOX untuk menjadi Tuan Rumah Musik di Indonesia yang menghadirkan beragam jenis musik sesuai selera masyarakat, dan tentunya dapat dinikmati dengan berbagai cara melalui fitur-fitur interaktif, lebih dari sekadar mendengarkan musik,” tutup Peter May.

Demi menghadirkan pilihan menikmati musik sesuai dengan keinginan pengguna, JOOX terus mengembangkan produknya. Pada awal kehadirannya di Indonesia, JOOX merupakan aplikasi pertama yang menyediakan layanan streaming musik yang dilengkapi fitur lirik. Tahun 2017, JOOX meluncurkan fitur ‘Karaoke’ dan ‘Live Streaming’ yang menghadirkan pengalaman maksimal menikmati musik dari mana saja. Di saat adanya pandemi, JOOX dengan beragam fitur interaktifnya menjadi salah satu pilihan hiburan pecinta musik. Hal tersebut ditunjukan dengan adanya kenaikan 30% pengguna fitur Karaoke, sehingga menginspirasi JOOX untuk meluncurkan fitur terbaru ‘Quick Sing’.

Sebagai seorang musisi yang besar di era digital, Andmesh mengaku bahwa kehadiran JOOX membuka banyak peluang bagi musisi untuk terus berkarya, “Hadirnya platform streaming musik semakin memudahkan para musisi untuk mempromosikan lagu dan menjangkau lebih banyak pendengar tanpa adanya batasan. Melalui JOOX, saya bisa lebih dekat dan berinteraksi langsung dengan seluruh pendengar musik saya. Dengan begitu, kami sebagai musisi juga semakin semangat untuk menghasilkan karya musik yang berkualitas bagi seluruh penikmat musik tanah air,” ujar Andmesh.

Baca Juga:  HMGNC Sebarkan Energi Positif Melalui "You Are Not Alone"

Head of Marketing JOOX Indonesia, Yuanita Agata menambahkan, “Kami bersyukur dapat dipercaya menjadi platform yang dapat menghubungkan musisi dengan seluruh penikmat musik di Indonesia. Dalam merayakan keberagaman jenis musik Indonesia dan sebagai bentuk apresiasi kepada musisi tanah air serta pengguna, JOOX mempersembahkan rangkaian acara “Parade JOOX Lima” yang menghadirkan penampilan musik berbagai genre berserta talk show inspiratif bersama para musisi pengisi acara. Kami harap JOOX bisa terus menemani kata hati pengguna dalam segala kondisi, serta menjadi mitra para musisi yang mendukung dan memungkinkan mereka untuk berkarya dan menghasilkan konten-konten musik berkualitas.”

Dengan semangat perayaan Sumpah Pemuda yang jatuh pada bulan ini, JOOX ingin mengajak semua anak muda Indonesia untuk mengapresiasi musik Indonesia, salah satunya melalui acara “Tribute to Legend”. Dalam kesempatan spesial ini, JOOX memberikan apresiasi kepada Chrisye, Glenn Fredly, dan Didi Kempot sebagai musisi legendaris Indonesia yang telah berkontribusi terhadap perkembangan industri musik Indonesia. Acara ini akan turut dimeriahkan oleh D’Masiv, Ndarboy Genk, serta The Bakuucakar feat. Yura Yunita dan Mutia Ayu, yang dapat dinikmati secara eksklusif melalui JOOX Live hari ini (20 Oktober 2020) pada pukul 20.00 WIB.

“Sebagai tuan rumah musik di Indonesia, JOOX akan terus berinovasi agar dapat menjadi platform yang selalu menyediakan layanan konten hiburan yang relevan. JOOX juga berkomitmen menjadi platform kolaboratif yang memungkinkan musisi, komunitas, dan pelaku industri untuk dapat terus menghasilkan karya inspiratif guna memajukan ekosistem industri kreatif Indonesia,” tutup Yuanita.