fbpx
banner

Persebaran COVID-19 Semakin Meningkat, Bioskop Batal Dibuka Kembali

17 Juli 2020 | Film, Gaya Hidup
Bioskop Batal Dibuka Kembali

Awalnya, bioskop dijadwalkan untuk buka pada tanggal 29 Juli 2020. Namun rencana tersebut tidak mendapat lampu hijau dari Pemprov DKI hingga waktu yang belum ditentukan. Pemprov DKI masih menunggu situasi kondusif.

Iya, betul. Ditunda sampai kondisi Jakarta kondusif,” kata Kadisparekraf DKI Cucu Ahmad dilansir dari Detik, Kamis (16/7/2020).

Peningkatan tajam jumlah kasus COVID-19 di Indonesia seminggu terakhir jadi salah satu alasan kuat kenapa bioskop batal dibuka.

Hal tersebut juga menjadi alasan kenapa Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di tingkat nasional juga belum mengeluarkan rekomendasi untuk membuka kembali bioskop.

Bukan cuma bioskop, meroketnya jumlah kasus COVID-19 juga mendorong Pemprov DKI untuk menunda kegiatan indoor lainnya seperti kegiatan bowling dan biliar.

Pandemi COVID-19 tentu berdampak keras pada industri film dunia. Hal ini dibuktikan dengan pengunduran submisi film pada gelaran Oscar 2021. Jika sebelumnya gelaran tersebut dijadwalkan pada tanggal 28 Februari 2021, kini gelaran tersebut mundur ke bulan April 2021.

Bukan cuma untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, penundaan ini juga terpaksa dilakukan karena penutupan bioskop di seluruh dunia yang memaksa perilisan film diundur. Dengan demikian deadline submisi juga akan diperpanjang.

Baca Juga:  Narsisme Pasca-Hijrah, Eksistensialis atau Esensialis?

Jika biasanya proses uji kelayakan masuk nominasi dilakukan sesuai dengan tanggal kalender dan ditutup pada 31 Desember, kali ini proses tersebut pun diperpanjang hingga 28 Februari 2021.