Pencipta Lagu Ikonik “That Thing You Do” Meninggal Akibat Virus Corona

2 April 2020 | Musik

Adam Schlesinger, pendiri Fountains Of Wayne yang mendapatkan nominasi Oscar untuk menulis lagu ikonik “That Thing You Do” telah meninggal dunia di usia 52 tahun karena komplikasi dari virus Corona COVID-19.

Di kutip dari harian The New York Times, Schlesinger telah dirawat di rumah sakit di Upstate New York setelah dinyatakan positif COVID-19. Schlesinger dikatakan “sangat sakit,” “sangat dibius,” dan bernafas dengan bantuan ventilator.

Adam Schlesinger lahir di New York dan dibesarkan di dekat Montclair, New Jersey. Pada tahun 1991, dia membentuk band indie-pop Ivy setelah menanggapi iklan baris yang diposting oleh Andy Chase.

Band ini tetap aktif, bahkan setelah Schlesinger bekerja sama dengan Chris Collingwood untuk meluncurkan Fountains of Wayne, yang terbukti jauh lebih sukses secara komersial. Ivy merilis enam album studio antara 1995 dan 2011, dan ditampilkan di soundtrack untuk film layar lebar; There Something About Mary, Me, Myself & Irene, dan Shallow Hal.

Sebagai anggota Fountains of Wayne, Schlesinger menjabat sebagai bassis dan penulis lagu utama. Band ini dinamai setelah toko ornamen rumput di Wayne, New Jersey atas saran ibu Schlesinger.

Album debut self-titled, dirilis pada tahun 1996 oleh Atlantic Records, termasuk single ‘Radiation Vibe’ dan ‘Sink to the Bottom’. Namun, meskipun diterima dengan baik oleh para kritikus, album lanjutan mereka, Utopia Parkway pada 1999, berjuang secara komersial dan memimpin Atlantic untuk merilisnya.

Setelah periode tanpa aktivitas yang panjang, Fountains of Wayne kembali pada tahun 2003 dengan Welcome Interstate Managers, yang termasuk dalam 10 besar single ‘Stacy’s Mom’. Band ini kemudian menerima dua nominasi Grammy, termasuk Best New Artist dan Best Pop Performance untuk ‘Stacy’s Mom’. Fountains of Wayne merilis dua album lagi sebelum hiatus pada 2013.

Di luar karyanya di Ivy dan Fountains of Wayne, Schlesinger berkontribusi pada sejumlah soundtrack film dan televisi. Terutama, dia menulis tema judul untuk film Tom Hanks tahun 1997, That Thing You Do, yang mendapatkan nominasi Oscar dan Golden Globe untuk Best Original Song.

Dia juga dinominasikan Emmy Awards 10 kali, yang menerima pengakuan untuk berbagai proyek, termasuk Sesame Street, The Colbert Report, dan siaran televisi Tony Awards. Berbicara tentang Tony Awards, Schlesinger menerima dua nominasi sendiri untuk musikal 2008 Cry-Baby.