fbpx
banner

NOK37 Angkat Ulang “Frasa Klausa” dalam Format Video Musik

9 April 2020 | Musik

“Frasa Klausa” adalah salah satu lagu dalam Album #1 NOK37 yang berjudul sama, dimana album perdana itu dirilis tujuh tahun lalu, tepatnya 8 November 2012. Namun hingga akhir tahun 2019 belum satupun video musik yang dirilis untuk mengiringi peluncuran album tersebut.

Lagu tersebut dibuat untuk merespon banyak masalah kehidupan Sosial-Politik di tahun 2011 di mana kala itu Kota Jogjakarta sebagai kota budaya dan pendidikan sedang menyambut pesta demokrasi pemilihan Walikota secara langsung untuk pertama kali. Seketika kota seperti berubah menjadi “battlefield” atau medan perang. Tak terhitung advetorial yang berlomba
menampilkan sosok setengah dewa, seakan ingin menggiring semua opini masyarakat bahwa kota butuh sosok seperti mereka.

Pada perjalannya sampah visual mulai bertebaran di sudut-sudut kota. Narasi-narasi “terbaik” sepanjang sejarah kota Jogjakarta berdiri menjadi mesin untuk menyerang lawan politik, kehidupan sosial yang sebelumya relatif menyenangkan berubah menyebalkan, dikotomi mulai tampak, perang jargon, visual, dan lalu lalang narasi makin tak terbendung.

Baca Juga:  Kembalinya Last Goal! di Album Remake 'Back In Time Black Edition'

Melihat kondisi sosial dan politik di Indonesia saat ini, membuat NOK37 mengangkat ulang lagu tersebut dalam format video musik.

Naskah video musik “Frasa Klausa” ditulis Herbudi Tri Prasetya dan digarap dengan apik oleh Khoirul Azmi, Yusuf Maulana, Andi Prasetya dan Elmana Bagaskara.

Pengambilan gambar dilakukan di tiga tempat, yaitu Kantor Arm indonesia, area Grha Sabha Pramana, dan LOOP Station Yogyakarta.

NOK37 merupakan akronim dari No One Knows 37 dikenal sebagai Unit Hiphop yang terbentuk di Yogyakarta pada tahun 2010 dan juga menjadi yang pertama kali membawa sub genre RAW RAP di Indonesia, dengan Sound Kasar, musik yang gelap, lirik yang retorik dan ambigu.