fbpx
banner

Musisi Free Copyright Music Paling Populer di YouTube

12 Oktober 2019 | Gaya Hidup
Free Copyright Music YouTube

Saat ini semakin banyak konten kreator yang memanfaatkan YouTube sebagai platform untuk menampilkan karyanya, namun kebanyakan pembuat video non-profesional menggunakan musik populer milik orang lain, dimana hal ini rentan terkena klaim hak cipta dari pemilik musik/lagu aslinya.

Sadar akan hal itu, YouTube memberikan opsi alternatif kepada konten kreator untuk menghindari terkena klaim hak cipta dari lagu/musik yang mereka gunakan ketika videonya terdeteksi oleh klaim tersebut.

Pertama, pemilik klaim musik dapat mengaktifkan mode sunyi pada video tersebut (video masih bisa ditonton tapi tanpa audio). Kedua, pemilik bisa memblokir video (video tidak bisa ditonton). Ketiga, pemilik dapat memonetisasi video (video tetap bisa ditonton dengan audio tapi pengunggah video tak dapat melakukan monetisasi). Terakhir, pemilik musik bisa melacak statistik penonton video.

Jelas pilihannya tak ada yang enak bagi pengunggah video. Apalagi kalau pemilik musik sampai memblokir video yang diunggah karena akan berdampak buruk ke channel si konten kreator (rentan terkena demonetized channel-bahkan channel-nya di non-aktifkan oleh YouTube karena dianggap sebagai channel reuploader).

Untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan terburuk, banyak musisi yang merelakan musiknya digunakan secara gratis oleh para konten kreator. Musik ini dikenal sebagai Free Copyright Music. Biasanya sebagai balas budi, pencipta meminta pengguna yang mengunggah video dengan musiknya, mencantumkan nama pencipta (credit).

Baca Juga:  Tingkatkan Ekspor Ekraf, Indonesia Kenalkan ICINC di 3 Pameran Dagang terbesar Amerika

Berikut ini, lima musisi pencipta Free Copyright Music populer 2019 yang bisa digunakan dalam video di YouTube tanpa harus risau terganjal copyright claim.

1. Joakim Karud

Musisi asal Swedia ini pertama kali mengunggah lagunya di situs Soundcloud awal 2016. Joakim Karud banyak memproduksi musik jenis chill dengan suasana gembira. Di situs pribadinya ia mengaku sengaja memproduksi musik agar dapat digunakan secara gratis oleh kreator video di YouTubeFacebook maupun Instagram. Salah satunya lagunya yang paling populer berjudul Dreams, pertama kali diunggah di 2016. Dreams oleh Joakim Karud memiliki tempo lambat dengan aluanan nada mendayu yang berulang.

2. Ikson

Sama seperti Joakim Karud, Ikson juga pria berkebangsaan Swedia. Ia pun mendedikasikan karyanya untuk kreator video. Lagu-lagunya pun mayoritas menggusung suasana tenang. Salah satu karyanya yang paling populer berjudul Paradise. Lagu ini diupload pada 2018 di akun YouTube Free To Use Music dan telah diputar lebih dari 4 juta kali. Lagu –lagunya banyak digunakan oleh vlogger kondang seperti Nas Daily.

3. Ehrling

Kebetulan, Ehrling juga musisi asal Swedia. Musiknya juga dihiasi nada-nada ceria. Tapi berbeda dengan Joakim Karud dan Ikson, Ehrling adalah pemain saksofon. Makanya karyanya berpusat pada saksofon yang menjadi instrumen utama. Seperti lagu Dance With Me yang telah mendapat lebih dari 7 juta view.

4. Deaf Kev

Deaf Kev, nama panggung dari Lukas Uszcek. Produser musik asal Jerman ini lahir pada 28 Oktober 1996. Selain menjadi seorang Disc Jokey (DJ), Deaf Kev juga seorang penulis lagu dan pandai bermain alat musik. Kegemarannya mengharmonikan melodi yang kuat dengan sentuhan suara bass yang kental. Ia dikenal dengan genre musik Glitch-Hop dan sempat viral lantaran musik berjudul Invincible yang diunggah di YouTube telah ditonton sebanyak 205 juta kali.

Baca Juga:  Menikmati Sejarah Sinema Dunia melalui Rooftop

5. Kevin MacLeod

Komposer dan musisi asal Amerika Serikat ini telah menciptakan sekurangnya 2.000 lagu yang bisa dipakai dalam video secara gratis. Karyanya lebih banyak dipakai untuk musik latar film. Ada juga yang memakainya untuk musik latar video game. Pria kelahiran 1972 ini mendapat anugerah International Honorary Web Video Award pada German Web Video Awards 2015 yang diselenggarakan oleh the European Web Video Academy. Karya Kevin dinilai sukses memotivasi komunitas kreator video di internet. Salah satu karyanya yang paling populer, Monkey Spinning Monkeys.