Murphy Radio Rilis Lagu Baru Tentang Down Syndrome

26 Maret 2020 | Musik
Murphy Radio

Grup math-rock asal Samarinda, Murphy Radio, lepas kerinduan pendengarnya dengan merilis karya terbarunya setelah hampir 2 tahun dari rilisnya debut album mereka. Tak hanya satu, Murphy Radio melepas dua lagu baru yang dibungkus dalam satu music video. Mengangkat tema down syndrome, double single ini dirilis bertepatan dengan Hari Down Syndrome Sedunia tanggal 21 Maret.

“Autumn” dan “Sandy” menjadi representasi Murphy Radio dalam melihat kondisi down syndrome yang dimiliki oleh sebagian orang. Daripada memberikan rasa kasihan dan menulis musik mellow, Murphy Radio nyatanya menghadirkan musik yang penuh semangat.

Mewakili bahwa walaupun dalam kondisi yang berbeda para penyandang down syndrome dan disabilitas lainnya juga mampu melakukan hal yang sama, bahkan bisa lebih karena mereka dapat melihat cerita dan warn mereka sendiri.

Dalam video musik ini Murphy Radio bekerjasama dengan SLBN Pembina Samarinda, “Awalnya kami sangat kesulitan dalam mewujudkan ide kami dalam video ini. Sampai kami dipertemukan dengan salah satu senior dalam skena musik Samarinda, Yadhie Jombank, yang kebetulan bekerja di SLB tersebut.” Ungkap Aldi dan Wendra perihal proses pengerjaan music video ini. “Lalu kami dibantu untuk bertemu dengan pihak sekolah untuk menyampaikan konsep dan meminta izin. Diluar ekspektasi, ternyata Kepala Sekolah beserta seluruh staf menerima dan mendukung penuh kami untuk membuat video disana.” Lanjut mereka.

Murphy Radio melibatkan para murid SLBN Pembina dengan menampilkan aktivitas reguler mereka ketika berada di kelas. Serta mengajak salah satu murid untuk menjadi tokoh utama dalam video ini.

Proses teknis video dilakukan oleh Resa Alif dan Mademun dari ThreeAM Creative House. Sementara proses audio lagu Murphy Radio masih dikerjakan secara penuh oleh Arie Wardhana dari Backstage Studio.