fbpx
banner

Monita Tahalea Eksplorasi Musikalitasnya di Album ‘Dari Balik Jendela’

19 Maret 2020 | Musik

Monita Tahalea baru saja merilis album teranyarnya bertajuk Dari Balik Jendela pada Jumat (13/3). Album tersebut menandai karya pertamanya tahun ini sekaligus lanjutan dari album Dandelion pada 2015.

Dari Balik Jendela merumuskan cerita-cerita tentang angan dalam suatu ruang dan waktu dalam kompilasi lagu. Monita ingin pendengarnya memahami lagu “dari balik jendela” masing-masing.

“Selama lima tahun perjalanan setelah album ke-2, aku memasuki musim kehidupan yang berbeda lagi. Mulai dari aku banyak manggung, lalu kehidupan sebelum menikah dan setelah menikah. Banyak renungan yang terjadi dalam diri aku sendiri. Kenapa album ini diberi nama Dari Balik Jendela, karena aku tidak ingin membatasi makna album ini buat teman-teman yang mendengarkannya nanti. Begitu mereka mendengar kata Dari Balik Jendela, biarlah itu jadi perenungan tersendiri lagi buat mereka bahwa makna Dari Balik Jendela-nya teman-teman yang dengar, pasti memiliki versi yang berbeda-beda,” jelas Monita Tahalea dalam keterangan persnya.

Baca Juga:  Rilis Debut Album di Hari Ulang Tahun, Ini Cara Nadin Amizah Hadapi Badai Pendewasaan

Dalam album ini, Monita mencoba mengeksplorasi musiknya dari segi aransemen. Foltronik seperti pihaknya jelaskan dalam keterangan yang sama.

“Untuk genre musik, kita bikin sebutan foltronik sebenarnya supaya mempermudah aja sih, untuk orang-orang mengerti ada elemen apa aja di dalam album ini. Karena sebenarnya kalau dibilang genre pun, aku lebih memilih untuk tidak menetapkan laguku di genre mana pun. Apalagi waktu pengerjaan album ini, aku lagi banyak dengar lagu dengan banyak genre. Mungkin dari segi elemen musik didalamnya lebih terinspirasi dari musik folk, terus isinya banyak elektroniknya, makanya dijadiin satu aja dengan sebutan Folktronik,” ucap Monita.