Mereka Yang Telah Pergi Karena Depresi

17 Oktober 2019 | Gaya Hidup
Bagikan:

Depresi adalah penyakit yang berbahaya namun sering disepelekan orang banyak. Beberapa orang beranggapan, depresi itu tidak terlalu penting, hanya sekedar perubahan kondisi hati yang wajar. Tetapi di balik itu semua, orang yang menderita depresi bisa memutuskan untuk pergi kapan saja.

Di dunia, setiap tahunnya 800.000 orang meninggal karena bunuh diri atau setiap 40 detik satu orang meninggal karena bunuh diri. Di Indonesia, 10.000 orang setiap tahun meninggal karena bunuh diri atau setiap satu jam satu orang meninggal bunuh diri.

“Bunuh diri adalah penyebab utama kedua kematian pada kelompok remaja dan dewasa muda usia 15-29 tahun,” ucap Dokter spesialis kedokteran jiwa Indonesia, Teddy Hidayat.

Baru-baru ini kita baru saja mendapatkan kabar dukacita dari Korea Selatan. Seorang aktris dan penyanyi Korea bernama Choi Jin Ri/Sulli ditemukan tewas tergantung di rumahnya. Ia memang sudah lama berjuang melawan depresinya setelah berkali-kali dirundung dan dihujat oleh warganet Korea Selatan yang tidak menyukainya.

Selain dirinya, ada beberapa tokoh terkenal yang juga pergi karena bunuh diri akibat depresi yang diderita oleh mereka.

1. Alan Turing

Sang jenius yang berhasil memecahkan kode enigma ini telah berjasa membantu Sekutu untuk mengalahkan Jerman dan mempersingkat Perang Dunia Kedua hingga dua tahun!

Namun pemerintah Inggris malah memberikan ia air tuba dengan memaksa ia melewati serangkaian terapi yang menyiksa untuk menyembuhkan “penyakit” homoseksualnya. Hal itu membuat ia depresi dan memutuskan untuk bunuh diri di usia 41 tahun dengan sianida.

2. Kurt Cobain

Vokalis dan gitaris legendaris band Nirvana ini memutuskan untuk melubangi kepalanya dengan shotgun setelah berjuang melawan depresi yang dideritanya. Ia pergi di usia yang baru menginjak 27 tahun.

3. Chester Bennington

Dua tahun yang lalu, 20 Juli 2017, Chester ditemukan tergantung di rumahnya di California. Vokalis legendaris Linkin Park ini pergi di usia 41 tahun.

4. Robin Williams

Komedian dan aktor yang terkenal di film Jumanji ini memutuskan untuk pergi pada tanggal 11 Agustus 2014 dalam usia 63 tahun.

5. Kim Jong-hyun

Vokalis utama boyband Shinee ini ditemukan meninggal dunia akibat bunuh diri dengan keracunan karbon monoksida pada tanggal 18 Desember 2017. Ia memutuskan untuk pergi di usia 27 tahun.

Ketika orang sudah depresi, mereka tidak butuh ceramah dan nasihat religius. Tidak perlu sama sekali. Mereka sudah diperkenalkan dengan surga dan neraka sejak kecil. Mereka tahu, bunuh diri adalah sebuah bentuk “dosa”. Namun mereka tidak lagi peduli, mereka hanya ingin tidak menderita lagi.

Pada dasarnya, depresi adalah sebuah penyakit yang bisa disembuhkan dengan sebuah pelukan yang hangat. Obat yang sangat murah namun seringkali kita menjadikannya mahal.

Tengoklah orang yang kamu sayangi. Depresi bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja. Mungkin saja nanti orang yang kamu sayangi ataupun mungkin kamu sendiri. Who knows?


Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *