Menyimak Kisah Hidup Yayoi Kusama di Buku From Here to Infinity

13 Agustus 2019 | Seni

Ada yang menjadi penggemar karya seni kontemporer dari seniman asal Jepang ini? Yayoi Kusama nampaknya mendapat perhatian khusus dari Sarah Suzuki (kurator Musem of Modern Art) yang mengupas sosok uniknya di buku cerita anak yang berjudul “Yayoi Kusama: From Here to Infinity”.

Isi dari buku ini menceritakan kehidupan awal Yayoi di Matsumoto, Jepang dengan kehidupan di perkebunan milik keluarganya. Ibunya menginginkan kehidupan yang tradisional tapi karena Yayoi ingin menjadi seniman, Ia pun sering menghabiskan banyak waktu di luar, melukis dan menggambar.

Semasa sekolah di art school nya pun Yayoi merasakan paksaan tradisional untuk melukis dengan gaya tradisional Jepang. Ingin bebas dari segala peraturan, Yayoi lalu pindah ke New York dimana Ia menjadi terkenal dengan her polka dotpaintings nya.

Buku ini ditujukan untuk anak-anak umur 5-8 tahun, jadi buku ini tidak menyertakan performances Yayoi yang lebih provokatif dan tentang mental illness nya tapi menceritakan tentang kembalinya Ia ke Jepang pada tahun 1977 dan tinggal secara sukarela di sebuah psychiatric facility di Tokyo, tempat dimana banyak menciptakan karya terkenalnya.