fbpx

Menjadi Wanita Mandiri Secara Finansial Sedini Mungkin

9 Juni 2021 | Gaya Hidup

Wanita yang mandiri secara finansial adalah wanita yang dapat menghasilkan uang serta mengelola keuangannya sendiri. Bagi wanita lajang, mandiri secara finansial memberikan kekuatan untuk tidak bergantung sama sekali kepada orang lain, termasuk orang tua. Hal ini juga memungkinkan untuk memiliki berbagai tujuan hidup dan dapat melakukan rencana-rencana yang sesuai dengan passion.

Terdapat beberapa hal yang wajib dipahami oleh para wanita lajang agar dapat menjadi wanita yang mandiri secara finansial:

1. Memiliki Tabungan
Sebagai wanita yang sudah memiliki penghasilan, wajib bagi Kamu untuk memiliki tabungan. Pastikan Kamu dapat mengelola gaji Kamu dengan bijak dan menyisihkannya untuk ditabung. Catat setiap penghasilan dan pengeluaran agar Kamu mengetahui ke mana saja uang yang terpakai. Perhatikan pengeluaran mana yang memang kebutuhan dan mana yang hanya sebatas keinginan. Minimalisir pengeluaran Kamu yang sifatnya tidak terlalu urgent.

2. Memahami Pentingnya Investasi
Bukan hanya menabung, seorang wanita yang mandiri secara finansial juga harus bisa memahami dan menyisihkan penghasilannya untuk diinvestasikan. Investasi memungkinkan adanya jaminan masa depan yang cerah karena keuangan menjadi lebih terukur dan terarah. Ada banyak sekali jenis investasi yang bisa Kamu pilih, mulai dari investasi emas, investasi saham, reksadana, deposito, dan asuransi juga merupakan salah satu bentuk investasi.

3. Memiliki Proteksi Diri atau Asuransi
Asuransi kesehatan merupakan hal mendasar yang sifatnya wajib dimiliki setiap orang. Untuk memproteksi diri dari risiko finansial, wanita yang mandiri secara finansial biasanya memahami pentingnya proteksi diri dengan asuransi. Dengan memiliki asuransi, pos-pos keuangan yang sudah ada tidak akan terganggu.

Salah satu produk asuransi dasar yang harus Kamu miliki adalah asuransi kesehatan seperti Asuransi Bebas Handal yang mudah dibeli secara online, di ifwd.co.id. Asuransi Bebas Handal menawarkan manfaat rawat inap termasuk biaya kamar, biaya dokter, obat-obatan, perawatan setelah rawat inap dan biaya tindakan bedah, dengan pilihan kontribusi mulai dari Rp75 ribu dan pilihan manfaat tahunan hingga Rp100 juta. Produk asuransi syariah ini juga memiliki Manfaat Khusus Covid-19 tanpa tambahan biaya untuk seluruh nasabah aktif ataupun yang baru bergabung selama periode 1 – 31 Mei 2021 agar mendapatkan Manfaat Khusus Isolasi Mandiri (Isoman) serta perlindungan termasuk pengobatan selama masa isolasi mandiri.

4. Memiliki Dana Pensiun
Akan ada saatnya seorang wanita memasuki usia pensiun atau tidak bekerja lagi karena berbagai alasan. Oleh sebab itu, persiapkan dana pensiun dari sekarang agar tidak khawatir di kemudian hari.

Itulah beberapa hal yang perlu dipahami untuk menjadi wanita mandiri secara finansial. Apakah Kamu sudah melaksanakan hal-hal di atas? Jika belum, yuk mulai lakukan dari sekarang. Tetap semangat dan jadilah wanita tangguh dengan mandiri secara finansial sejak dini!

Baca Juga:  Mengenal GHB, Obat Anti Depresan Yang Kerap Beredar di Klab Malam