fbpx
banner

Menjadi “Insomnia” di Single Terbaru Gabriela Fernandez

28 Maret 2020 | Musik

Lagu ini berbicara tentang tema sederhana namun semakin marak akhir-akhir ini: insomnia. Dibawakan dengan ringan dan easy-listening, isi lagu yang ditulisnya ini mungkin tidak sesederhana kelihatannya. Gabriela membedah lagi, apa yang terjadi di malam-malam tanpa tidur tersebu yang bercerita tentang penuhnya pikiran yang tidak “disini dan kini”, kebiasaan untuk berpikir secara berlebihan (overthinking), serta teknologi di masa sekarang yang justru mendukung semakin bergesernya jam tidur anak muda hingga pagi menjelang.

Terinspirasi dari anjuran di masa kecil, untuk menghitung domba ketika tak bisa tidur, lagu maupun artwork Insomnia Song ini mewakili bagaimana rasanya ketika pikiran, kekhawatiran, ide-ide dan rencana, bahkan memori atau informasi, memenuhi kepala.

Insomnia Song merupakan bagian dari album Semesta Leah: Bicara Dewasa yang akan dirilis pula dalam waktu dekat. Dalam lagu ini, Gabriela berproses bersama Rhesa Aditya, bassist dari EndahnRhesa, yang memainkan bass serta mengerjakan mixing mastering dari lagu ini.

Baca Juga:  Melihat Sisi Personal dari Lisa BLACKPINK

Gabriela juga berkolaborasi dengan seorang drummer serta perkusionist Jogja, Raditya “Somay” Darmo, yang memainkan alat-alat perkusi yang dibuatnya dari peralatan sehari-hari. Lagu ini mengalami proses jarak jauh direkam dan diproses di dua tempat berbeda, Interest Studio Yogyakarta dan studio personal Rhesa Aditya di Pamulang.

Rilisnya single ini terjadi di masa-masa penuh ketakutan dan kepanikan tentang pandemi yang melanda. Di masa seperti ini, tidak hanya masalah kesehatan fisik yang kita hadapi, tapi juga bagaimana mental dan pikiran kita menjadi hal yang perlu diperhatikan. Gabriela membalut pengalaman personalnya tentang insomnia, having too many things to think, atau kecanduan gadget dan social media, dalam nuansa lagu yang easy-listening, ringan, dan menyenangkan.

Kontradiksi menjadi tema yang cukup signifikan dalam albumnya kali ini, tidak terkecuali dalam lagu ini. Sebuah pesan, bahwa hal-hal yang kita hadapi, selalu dapat dilihat dari sudut pandang yang lain. Ada banyak hal yang dapat ditertawakan di masa-masa seperti ini (termasuk diri yang sedang tak bisa tidur), demi menjaga kesehatan mental agar tetap bahagia, sambil terus menjaga diri dan bersikap waspada, secukupnya.

Baca Juga:  Rayakan 5 Tahun di Indonesia, JOOX Ajak Anak Muda Terus Dukung Musik Tanah Air

Artwork dari single ini dikerjakan oleh Gabriela sendiri, dan lagu ini dipublish di bawah nama Akarupa Project, sebuah rumah produksi seni lintas bidang, yang sedang dirintis oleh Gabriela bersama timnya. Dalam waktu dekat, Gabriela akan merilis pula sebuah video Bersama Rhesa Aditya dan Radithya “Somay” Darmo, yang merespon gerakan #dirumahaja.