Masyarakat Audio Amatir, Podcast Amatir yang Nekat Membuat Format Offline

19 Desember 2019 | Musik

Mas Amir merupakan, akronim dari Masyarakat Audio Amatir, merupakan program podcast hasil kerjasama Media Nasional dan Monkey Melody, (klik untuk mendengarkan), yang tayang melalui platform Spotify, Apple Podcast dan Youtube. Pemilihan nama amatir memiliki filosofi tersendiri, menurut KBBI Amatir adalah amatir/ama·tir/ n kegiatan yang dilakukan atas dasar kesenangan , sehingga selagi kami senang perihal angka statistik tak lagi menjadi soal

Mas Amir dikemas dalam format talkshow dan dipandu oleh 2 orang Host yaitu Raja Oriza (Media Nasional) & Tian (Monkey Melody). Selayaknya talkshow pada umumnya disetiap episode, Mas Amir mendatangkan para pelaku di industri kreatif seperti Yas Budaya (Alone At Last), Asteriska (Barasuara), Kamga Mo (Dekat) & Baruz The Screamer (Godless Symptoms) dan belasan tamu lainnya. 

Perbedaan yang paling signifikan dari Podcast ini adalah pertanyaan yang sangat personal. Semua pertanyaan yang dilontarkan adalah kegelisahan dan keingintahuan dari Host yang tidak akan mudah ditemukan ketika pendengar mencoba googling . Mood dari talkshow ini bisa dibilang serius, bukan bermaksud anti terhadap komedi, hal ini boleh jadi dikarenakan pertanyaan yang dilontarkan seringkali teknis dan filosofis, berkenaan dengan kehidupan personal dan karir bermusik/berkarya dari narasumber. 

Secara statistik pendengar Podcast Mas Amir diberbagai platform dapat dikategorikan biasa saja. Bukan angka yang besar ataupun fantastis. Namun karena semuanya dimulai dengan sesuatu yang sangat personal, Mas Amir “nekat” untuk membawa format ini menjadi sebuah aktivasi offline dimana para pendegnar dapat hadir, bertatap muka dan berinteraksi dengan para narasumber.

Untuk event pertama ini Mas Amir memilih tema A Walk The Talk – Talkshow Series. Jika dialihbahasakan kurang lebihnya adalah, Talkshow ini adalah sebuah perbincangan dimana para narasumber membahas semua yang telah mereka jalani, tidak ada tendensi sok tahu, mengada- ngada apalagi melebih-lebihkan pencapaian yang telah mereka raih.

Pemilihan dan topik yang dibahas pun dikemas menjadi satu show yang berkesinambungan. Rudi Kuclux (U Visual) akan berbicara mengenai Find the authenticity, cara menemukan kesenangan, lalu belajar dan memperdalam secara mandiri dan mengeksplorasi. Bottlesmoker membahas bagaimana cara untuk mengkaselerasi proses dalam berkarya dan memanfaatkan semua resource untuk mencapai hasil maksimal. Terakhir dibagian penutup Grahadea Kusuf

sebagai CEO Kuassa & Pentolan Band elektronik HMGNC akan bercerita dan membahas bagaimana sebuah kesenangan dan karya dapat dimonetisasi lalu menghasilkan bagi sang kreator dalam jangkan waktu yang lama. 

Output dari event ini adalah berupa podcast materi dan youtube konten sehingga para peserta yang tidak hadir pun dapat menikmati suguhan perbincangan melalui kanal digital Masyarakat Audio Amatir. Audiens yang hadir secara langsung pun diharapakan dapat pulang dengan insight dari pembicara dan cara konkrit untuk memulai apapun yang hendak mereka mulai. Entah memulai bermusik, menggambar, bekerja disebuah perusahaan, membangun bisnis ataupun menyelesaikan skripsi yang barangkali tertunda. 

Acara ini akan diselenggarakan pada hari Minggu 22 Desember 2019, di Innovation Factory Jl. Ir. H Juanda No.108 , Kota Bandung. Acara ini gratis dan bebas untuk semua umur. 

Peserta ataupun media yang hendak hadir diharapkan dapat melakukan registrasi melalui tautan goers.co/masamirtalk