fbpx

Lulus Kuliah, Mau Jadi Hotelier Andal? 4 Tips yang Wajib Kamu Ketahui!

21 Juli 2021 | Gaya Hidup

Hospitality jadi salah satu sektor industri potensial, baik dari segi perkembangan dan eksistensinya. Ditambah lagi dengan beragamnya kesempatan kerja di industri perhotelan, memungkinkan generasi muda untuk dapat mengeksplorasi berbagai bidang sesuai minat dan kemampuannya.

Dalam industri perhotelan, dikenal istilah hotelier. Pernah dengar sebelumnya? Hotelier merupakan istilah bagi para pekerja profesional di industri perhotelan, khususnya mereka yang menempati posisi eksekutif dalam sebuah hotel. Komisaris dan general manager adalah beberapa contohnya.

1. Memiliki Jiwa Hospitality

Inti dari industri perhotelan adalah pelayanan. Kamu akan selalu dituntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan berlaku profesional kepada siapa pun dan apa pun situasinya. Hal ini dapat dikembangkan melalui pola pikir, sikap, dan karakter yang kamu terapkan sehari-hari.

Tanamkan sikap ramah, sopan, dan peduli terhadap orang lain. Persepsi dan cara memandang masalah juga penting untuk dikembangkan. Belajar menerima dan menangani keluhan, serta mengolahnya menjadi masukan membangun untuk peningkatan kualitas pelayanan. Temukan pula cara berpikir yang tepat, agar masalah yang ada tidak memengaruhi kualitas kerjamu nanti.

2. Mau Belajar dan Miliki Kompetensi yang Mumpuni

Dari sisi teknis, seorang hotelier yang andal juga wajib memenuhi kompetensi berupa pengetahuan dan keterampilan yang terus diasah. Di hotel berbintang misalnya, kamu mungkin akan dihadapkan pada beberapa kriteria khusus, seperti syarat pendidikan tinggi dan bahasa asing.

Baca Juga:  Melatih Sisi Imajinatif Anak dengan Olike Fun Bricks Table

Karena itu, sebelum terjun sebagai pekerja profesional, pastikan kamu telah memperoleh ilmu dan pengalaman yang mendukung. Misalnya saja, melalui jalur pendidikan formal dan pengalaman kerja atau magang di beberapa hotel.

3. Mampu Tampil Sebagai Problem Solver

Karakter dan kebutuhan tamu yang berbeda-beda sering kali menghadirkan dinamika dan tantangan tersendiri dalam keseharian hotelier. Kamu tidak boleh larut dalam masalah, tapi dituntut untuk tampil sebagai penengah dan pemberi solusi yang bijaksana.

Tidak hanya berkaitan dengan tamu, masalah juga dapat hadir di antara sesama pekerja hotel. Minimnya koordinasi, tantangan dalam pemasaran, atau permasalahan teknis lainnya, menjadi beberapa contoh yang harus dihadapi hotelier. Karena itu, kebijaksanaan dan pengambilan keputusan yang tepat menjadi poin penting yang harus diperhatikan.

4. Komunikasi dan Literasi Budaya

Pekerjaan hotelier tidak terlepas dari interaksi langsung dengan orang-orang baru dari berbagai latar belakang, bahkan kebudayaan yang berbeda. Hal ini tentu menjadi daya tarik sekaligus tantangan tersendiri bagi bidang pekerjaan hotelier.

Pasalnya, keterampilan komunikasi mumpuni menjadi fondasi yang harus diterapkan setiap harinya. Tidak hanya komunikasi verbal, tapi juga komunikasi nonverbal yang meliputi gestur, cara bersikap, hingga aspek penampilan fisik.

Baca Juga:  Vans Berkolaborasi dengan The Nightmare Before Christmas

Keseluruhan aspek komunikasi tersebut harus dapat dibalut secara apik dengan pemahaman atau literasi budaya yang mendukung. Untuk itu, kamu dapat mulai mengembangkan sikap toleransi dan open-minded agar dapat beradaptasi dan memberikan pelayanan yang optimal nantinya.

Itu dia beberapa tips kerja yang wajib kamu pahami dan kuasai sebagai calon hotelier yang kompeten di masa depan. Melalui minat dan dedikasi di bidang hospitality, kamu akan dapat selalu belajar dan berkembang dari waktu ke waktu.

Saat ini, telah tersedia berbagai jalur pendidikan tinggi yang dapat kamu tempuh untuk memulai kuliah perhotelan. Salah satunya adalah Batam Tourism Polytechnic (BTP). Seperti namanya, kampus yang terletak di Kota Batam ini mempunyai fokus pendidikan pada bidang pariwisata.

Tersedia tiga program studi sarjana yang dapat kamu pilih, di antaranya Manajemen Divisi Kamar, Manajemen Tata Hidangan, dan Manajemen Kuliner.