fbpx
banner

Langkah Awal Menjadi Content Creator yang Sukses

24 Agustus 2019 | Gaya Hidup
Content Creator

Saat ini YouTube bisa dibilang sudah lebih dari televisi, karena berbagai konten dan informasi dapat kita dapatkan secara cuma-cuma di platform video tersebut.

Saat ini sudah sangat banyak content creator di Indonesia (yang kemudian banyak disebut sebagai Youtubers), namun masih tidak banyak yang membuat konten edukatif dan informatif untuk para penontonnya.

Untuk kamu yang ingin memulai menjadi seorang content creator, berikut sedikit tips dan trik yang dapat kamu coba, mengacu dari riset The University of Vermont Extension.

DESIGN

Style and organization: Setiap content creator memiliki gayanya masing-masing untuk menentukan style-nya. Teroganisir dalam hal transisi pada setiap scene-nya, gangguan dalam video dilakukan seminimal mungkin.

Creativity: Teknik pengambilan angle gambar, adanya efek suara atau menggunakan kreativitas lainnya.

MESSAGE/CONTENT

Content: Isi video dapat ditangkap oleh audience. Konten dari video harusnya menarik dan mengandung unsur edukatif, karena YouTube sangat melarang adanya konten duplikasi, kekerasan, pornografi dan juga SARA.

Baca Juga:  Snap Inc. Mengumumkan Developers Produk dan Kerja Sama Baru Pada Snap Minis, Snap Kit, Bitmoji dan Snap Games

Quality: Kualitas gambar, musik (terdengar atau tidak), pencahayaan, tata letak kamera kokoh (tidak goyang).

Spelling, Usage, Grammar and Mechanics: Pengucapan kata yang digunakan harus jelas dan mudah dimengerti, agar penonton video mu dapat memahami dari maksud konten yang kamu buat.

Written Reflection: Cara menghibur seorang content creator yaitu dengan gaya berbicara yang ceria, ekspresif, sehingga pendengar tidak bosan. Penampilan diri di dalam kamera juga perlu diperhitungkan, mempercantik diri sangat perlu karena akan menjadi daya tarik tersendiri (make up, supaya tidak terlihat pucat). 

Overall Impression: Konten yang dibuat harus bisa memberikan impresi yang baik ke penontonnya, bisa dengan materi yang tidak asal, sumber-sumber bahasan video yang relevan sehingga penonton otomatis akan men-subscribe saluran YouTube kamu untuk menonton lagi tiap ada update video selanjutnya.

Content Creator