fbpx
banner

Kucumbu Tubuh Indahku Wakili Indonesia di Piala Oscar 2020

18 September 2019 | Film
Kucumbu Tubuh Indahku/doc.Fourcolours films

Setelah bersaing dengan film 27 Steps Of May dan Ave Maryam, film garapan Garin Nugroho yang berjudul Kucumbu Tubuh Indahku akhirnya mewakili Indonesia untuk kategori International Feature Film atau yang dulu dikenal dengan Best Foreign Language Film di ajang Piala Oscar dan akan bersaing dengan Parasite dari Korea Selatan dan juga Weathering With You dari Jepang.

“Setelah dilakukan penilaian dengan seksama, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, Indonesian Academy Awards 2019 menetapkan film berjudul Kucumbu Tubuh Indahku sebagai film pilihan dan berhak mewakili Indonesia ke Academy Awards ke-92 untuk kategori International Feature Film,” ujar Sheila Timothy, selaku Sekretaris Komite Film Indonesia dalam konferensi pers di XXI Lounge Plasa Senayan, Jakarta, Selasa (17/9).

Kucumbu Tubuh Indahku sendiri berkisah tentang seorang penari Lengger bernama Juno yang bisa tampil luwes meski ia seorang pria. Kisah Juno diceritakan dalam 3 masa, yaitu Juno Kecil, Juno Remaja, dan Juno Dewasa.

Baca Juga:  Dokumenter Seni Bagi Kamu Yang Merindukan Galeri ditengah Pandemi

Juno Kecil terpaksa harus hidup sendiri sejak ditinggal pergi oleh ayahnya. Di tengah kesendiriannya, Juno bergabung dengan sanggar tari Lengger. Sejak itu, Juno harus hidup berpindah-pindah tempat.

Film ini telah melenggang ke berbagai festival dan diputar di 25 negara. Dan kini film tersebut akan mewakili Indonesia di kancah Oscar yang digelar pada 9 Februari 2020 di Dolby Theatre Hollywood, California, Amerika Serikat.