fbpx

Kolaborasi Gizpel dan Illustrator Fraw, Perkenalkan “Glides World” Lewat Single dan Video Musik Terbaru

19 Juli 2021 | Musik

Unit elektronik dream pop/synth wave asal Jakarta, Gizpel kembali melepas single baru berjudul “Glides”.  Terdengar semakin matang, Gizpel kali ini menawarkan belokan gaya dan arahan musikal yang cukup signifikan dari katalog mereka sebelumnya dengan nuansa new wave dan sedikit post-punk yang lebih kelam sekaligus gemerlapan.

Lewat “Glides”, Gizpel berani meredam suara gitar yang menjadi ciri khas mereka selama ini. Dalam proses produksinya, Raka selaku penulis lagu utama dan pengisi vokal dalam single ini, memperlakukan rekaman gitar yang dikirimkan oleh gitaris Joshua layaknya sample untuk dibedah dan dikomposisi ulang. Hasilnya, dengan mengedepankan permainan synth-bass Fadil yang intens dan dominasi melodi kibor Asisi pada lagu ini, Gizpel sudah tidak lagi terdengar seperti band dream pop. Lewat gaya bernyanyi Raka yang datar, semakin terdengar kecenderungan karakter musik post-punk/new wave di lagu ini. Pembaruan pada “Glides” lebih dari sekadar mengubah suara drum 8-bit. “Glides” mengubah bagaimana selama ini Gizpel diidentikkan. “Glides” intens, padat dan tidak bertele-tele.

Sementara pada lini visual, Gizpel berkolaborasi dengan seniman visual dan ilustrator Fraw dalam penggarapan gambar sampul dan sebuah video musik berbasis still images dan motion, yang juga berlaku sebagai video perkenalan menuju Glides World, sebuah dunia distopia bernuansa action sci-fi yang dikonsepkan dan ditulis oleh sang seniman sendiri. Glides World akan beralur mengikuti kehidupan dan petualangan empat manusia korban eksperimen gagal yang mengubah mereka menjadi manusia setengah mutan: manusia serangga alias Dante, manusia kelinci alias Sawyer, manusia bertangan empat alias Gizhel, dan yang paling mendekati keberhasilan eksperimen, Edmond. Tidak ada dari mereka yang mengetahui tentang satu sama lain hingga sebuah momen pertemuan yang mengagetkan dan menjadi awal dari misi mereka untuk mencari kebenaran dan menulis ulang hidupnya masing-masing.

Baca Juga:  Derau Ungkap Perasaan ‘Hampa’ dalam Video Musik “Long Haul (Befall)”

Glides World sendiri diproyeksikan akan berlanjut menjadi IP Characters yang akan terus dikembangkan dan dikelola oleh Fraw, Gizpel, dan Kolibri Rekords dalam berbagai format dan medium baik digital ataupun fisik dalam waktu dekat. Hingga waktu tersebut, video musik “Glides” ini diharapkan dapat menjadi perkenalan yang menarik.

“Glides” merupakan rilisan single kedua dari Gizpel di tahun ini setelah sebelumnya melepas “Surrender On Your Spell” pada Maret lalu. Meskipun dirilis dalam jarak yang berdekatan, keduanya bukan merupakan sebuah tindak lanjut dan bukan bagian dari rilisan yang sama di masa mendatang. Saat ini Gizpel berformasi Raka Prayuga (vokal & synth), Fadillah Ananto (bass & vokal), Joshua Damanik (gitar), dan Hasan Asisi (synth & kibor).