fbpx
banner

Kendrick Lamar dan The Weeknd Dituduh Melanggar Hak Cipta dalam Lagu Soundtrack ‘Black Panther’

2 Maret 2020 | Musik

Band rock Yeasayer  dikabarkan akan menyeret Kendrick Lamar dan The Weeknd ke pengadilan dengan tuduhan pelanggaran hak cipta untuk lagu “Pray for Me” yang merupakan hasil kolaborasi di tahun 2018 untuk sountrack film ‘Black Panther’.

Yeasayer mengungkap jika proyek kolaborasi tadi mengambil bagian dari lagu rilisan 2007 milik mereka yang berjudul “Sunrise” dimana Lamar dan The Weeknd tidak menyertakan nama mereka dalam kredit lagu. Band bersikeras jika bagian yang ditiru “gampang dikenali” sebagai karya mereka dan kini menuntut segenap keuntungan dari penjualan lagu, selain ganti rugi dan penangguhan dari penjualan dan airplay ke depannya.

Dalam berkas hukum yang didapat oleh TMZ, band yang berbasis di New York ini mengungkap mereka telah merekam sebuah “pertunjukkan choral yang khas” untuk lagu “Sunrise” yang digambarkan sebagai lagu yang menampilkan “vokal pria yang bernyanyi dengan nada tertinggi, dengan vibrato yang berdegup.”

Band menurut Kendrick dan The Weeknd mencuri segmen tadi dan kemudian sedikit mengubahnya dengan tujuan untuk menutupi pelanggaran hak cipta yang telah dilakukan.

Baca Juga:  Billie Eilish Siapkan ‘my future’ Sebagai Sajian Terbarunya