fbpx
banner

Kenali 3 Fitur Playlist Baru YouTube Music

2 Februari 2020 | Musik

YouTube Music semakin memanaskan persaingan dengan kompetitornya seperti Spotify dan Apple Music lewat peluncuran tiga playlist yang dipersonalisasi.

Ketiga playlist itu adalah Discover Mix yang mirip dengan fitur Discover Weekly milik Spotify, serta New Release Mix dan Your Mix. Discover Mix terlebih dulu hadir selama masa percobaan, tapi sekarang ketiganya sudah bisa dinikmati oleh pengguna YouTube Music di seluruh dunia.

Rencana untuk memperkenalkan tiga fitur baru ini diumumkan pada awal Oktober lalu di acara TechCrunch Disrupt SF 2019, di mana Chief Product Officer YouTube Neal Mohan membahas tentang rencana YouTube Music untuk memanfaatkan kombinasi pembelajaran mesin dan kurasi manusia demi meningkatkan layanan yang ditawarkan.

Discover Mix sangat mirip dengan fitur Discover Weekly di Spotify, yang fokus membantu pengguna menemukan artis-artis baru dan musik yang mereka suka, termasuk lagu-lagu yang belum pernah didengar pengguna sebelumnya serta lagu-lagu yang kurang populer dari artis yang disuka. Namun tidak seperti pada layanan musik lainnya, playlist ini dapat menggunakan riwayat data musik yang diputar baik di YouTube Music maupun YouTube sendiri. Diperbarui setiap hari Rabu, playlist ini akan menyajikan 50 lagu per minggu.

Baca Juga:  Narcholocos Rilis Split Album bersama Analgeisha

Seperti namanya, New Release Mix menampilkan semua rilisan terbaru dari artis-artis favorit dan lainnya yang menurut YouTube akan disukai pengguna. Playlist ini diperbarui setiap hari Jumat, seperti kebanyakan jadwal rilis lagu, tetapi akan menambahkan lagu lain pada pertengahan minggu sesuai kebutuhan.

Sementara itu, Your Mix adalah playlist yang menggabungkan musik yang disuka dengan lagu-lagu yang belum pernah didengar tapi mungkin akan disukai pengguna, berdasarkan kebiasaan mendengarkan musik pengguna. Fitur ini diperbarui secara rutin agar tetap segar. 

Tentunya, semakin lama kamu menggunakan YouTube Music, semakin baik pula playlist yang dihasilkan. Namun YouTube mengatakan, layanannya dapat menawarkan playlist yang dipersonalisasi saat pengguna memilih beberapa artis yang mereka suka selama proses pengaturan atau setelah mereka mendengarkan beberapa lagu.

Ketiga fitur ini meluncur pada saat Google lebih banyak berinvestasi dalam layanan streaming musiknya. Sebelumnya, Google menjadikan YouTube Music aplikasi musik default yang dipasang di perangkat Android baru, dan bukan Google Play Music. 

Baca Juga:  4 Headliner Internasional Batal Tampil di Lokatara Music Festival 2019

Belum lama ini, berbagai laporan menunjukkan YouTube Music lebih unggul dibanding Spotify dan JioSaavn di India – pasar utama bagi Spotify, meskipun mereka telat masuk di negara itu. 

Discover Mix, New Release Mix dan Your Mix sudah tersedia di YouTube Music versi iOS, Android dan web.