fbpx
banner

Katalog Diskografi Radiohead Tersedia di YouTube

23 Desember 2019 | Musik

Radiohead, band yang merevolusi aksesibilitas musik namun membenci Spotify, telah mengunggah seluruh diskografi mereka ke YouTube. Berita ini tiba beberapa hari setelah Billboard mengumumkan mereka akan memasukkan aliran YouTube untuk menentukan chart kedepannya.

Sampai sekarang, kamu dapat menuju ke akun YouTube Radiohead dan dapat menikmati setiap album dari mereka (tetapi secara teknis tidak setiap lagu) yang telah mereka rilis secara resmi.

Jumat lalu, Billboard menyampaikan kabar bahwa Billboard 200 (serta grafik album bergenre, seperti Country, R & B / Hip-Hop, dan Latin) akan mencakup pemutaran video resmi dari YouTube dan “beberapa layanan streaming musik” saat menentukan peringkat. Ini adalah pembaruan terbaru dalam upaya mengenali pergeseran fokus bagan dari penjualan murni ke model konsumsi – meskipun bagan musik itu sendiri tidak selalu diperlukan.

Perlu dicatat bahwa pada tahun 2013, Billboard mulai menghitung data streaming YouTube untuk menentukan posisi lagu di Daftar Hot 100 – tepat pada waktunya bagi “Harlem Shake” untuk meraih gelar No. 1 minggu pertama itu. Tidak ada yang bisa menjawab mengapa Billboard menunggu enam tahun lamanya untuk mengambil parameter data streaming dari YouTube.

Baca Juga:  Djakarta Warehouse Project Kembali Digelar di Jakarta

Sementara ini, kebanyakan personel dari Radiohead tetap sibuk sejak dilantik ke Rock & Roll Hall of Fame pada bulan Maret yang lalu. Tahun ini, Thom Yorke merilis album solo barunya ANIMA, keluar dari bayangan band pada tur solonya yang luar biasa, menulis lagu Motherless Brooklyn dengan Flea, dan mendapat anggukan Oscar untuk itu. Ed O’Brien mengungkapkan album solo debutnya akan rilis pada tahun 2020 dan mengumumkan tur solonya yang pertama. Sementara itu, Jonny Greenwood meluncurkan label rekaman baru untuk musik klasik, debutnya karya baru Horror Vacui, memainkan Tiny Desk Concert, dan menyatakan kembali betapa dia sangat suka bermain alat perekam.