fbpx
banner

Jangar Menebar Bisa di Album Perdana ‘Jelang Malam’

4 Oktober 2019 | Musik

Jangar resmi merilis album penuh perdana mereka, Jelang Malam, pada Selasa (1/10).  Album yang dirilis oleh Berita Angkasa–label rekaman yang menaungi Kelompok Penerbang Roket, Kurosuke, Rafi Muhammad, dan Sapphira Singgih–ini berisi sepuluh materi dengan tema sosial politik, kematian, kelahiran, hingga alam baka yang dibalut dengan heavy rock dan disiram arak Bali yang keras. 

Melalui rilis pers, band yang diperkuat oleh Gusten (vokal), Pasek (drum), Dewa Adi (gitar), dan Raibio (bass) ini menceritakan bahwa Jelang Malam bercerita tentang ketika matahari mulai menutup hari dan gelap malam mulai membayangi; di pertemuan putih dan hitam tersebut berbagai hal kerap terjadi. Saat malam menjelang, ada yang datang dan pergi, alam fana dan alam baka terkoneksi, tidak ada yang benar dan salah, segalanya menjadi abu-abu. 

“Kami tidak ingin menjadi siang, yang carut marut dengan kesibukan fana manusia, atau menjadi malam sebagai dunia makhluk-makhluk baka. Kami ingin ada di antaranya. Hidup dengan mereka yang kami kasihi, serta tetap mengenang mereka yang telah pergi,” ujar Pasek. 

Baca Juga:  The Used, Snow Patrol dan Prophets of The Rage Ramaikan Hodgepodge Superfest 2019

Band yang berasal dari Bali dan dirilis oleh label rekaman asal Jakarta, Jangar di album ini juga mendapat dukungan lain dari tokoh kancah musik dari dua kota lainnya: Palembang dan Bandung. Rian Pelor, vokalis Detention dan eks-vokalis Auman, yang berasal dari Palembang berkolaborasi dengan Jangar di lagu “Negeri Nego”. Setelah itu dari Bandung ada Morgg, vokalis Rajasinga, yang mengerjakan sampul album Jelang Malam dan Doddy Hamson, vokalis Komunal yang kharismatik, yang berkolaborasi di lagu “Haerath I”. 

“Kami sangat bangga di album Jelang Malam bisa berkolaborasi dengan Berita Angkasa, Rian Pelor, Morgg, dan Doddy Hamson. Dengan bantuan mereka, album ini menjadi lengkap dan kami siap menebar bisa ke seluruh Indonesia!,” ujar Gusten. Jelang Malam saat ini sudah dirilis dalam format fisik dan digital. Format fisik berupa CD sudah bisa didapatkan melalui berbagai toko musik di berbagai daerah dan format digital bisa didengarkan di berbagai layanan musik streaming