fbpx

Ini Dia Jenis-jenis Beasiswa Berdasarkan Sumber Pembiayaan

21 Juli 2021 | Gaya Hidup

Memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bukanlah hal mudah. Ada banyak pertimbangan yang harus kamu lakukan. Mulai dari jalur masuk hingga biaya kuliah. Salah satu jalur masuk perkuliahan yang diidamkan calon mahasiswa adalah beasiswa.

Beasiswa terdiri atas beberapa jenis. Hal itu bisa dilihat berdasarkan sumber pembiayaan, instansi penyelenggara, dan cara pendaftaran.

1. Beasiswa dari pemerintah

Sebagai penyelenggara negara, pemerintah memiliki tanggung jawab di bidang pendidikan. Oleh karena itu, terdapat ragam beasiswa yang disediakan oleh pemerintah. Jenis beasiswa berdasarkan sumber pembiayaannya, bisa kamu ikuti dengan melengkapi syarat-syarat yang berlaku. Salah satu beasiswa yang dibiayai pemerintah adalah beasiswa LPDP, yang berasal dari Kementerian Keuangan. Program beasiswa ini cukup terkenal di kalangan mahasiswa Indonesia.

2. Beasiswa swasta

Tak hanya pemerintah, perusahaan swasta juga berkontribusi dalam dunia pendidikan. Sebagian beasiswa yang ditawarkan berwujud program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan tersebut. Program beasiswa ini tidak hanya ditujukan untuk karyawan, namun juga terbuka untuk umum, sehingga bagi para calon mahasiswa juga bisa mendaftarkan diri dan memenuhi syarat pendaftaran. Beberapa contoh beasiswa swasta adalah Beasiswa Djarum, Tanoto Foundation, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga:  Ini Dia Beragam Prospek Kerja Mahasiswa DKV yang Perlu Kamu Tahu

3. Beasiswa dari negara maju atau donor

Beasiswa negara maju menjadi salah satu jenis beasiswa berdasarkan sumber pembiayaannya. Jenis beasiswa ini bekerja sama dengan eksklusif antara negara maju dengan negara berkembang, dalam bentuk pendidikan dan kesejahteraan sosial. Selain untuk menyediakan sarana pendidikan bagi pelajar, beasiswa ini juga bertujuan menggali potensi negara berkembang. Beberapa program beasiswa ini di antaranya Beasiswa Chevening dari Inggris dan Fullbright dari Amerika Serikat.

4. Beasiswa dari komunitas, organisasi, atau yayasan

Beasiswa juga ditawarkan oleh organisasi, yayasan, atau komunitas yang peduli terhadap pendidikan. Umumnya, mereka memiliki latar belakang sosial dan akademik sama. Oleh karena itu, jenis beasiswa ini biasanya selaras dengan nilai-nilai yang mereka utamakan. Contohnya, Beasiswa Habibie Center.

5. Beasiswa dari perguruan tinggi

Tak hanya dari organisasi, yayasan, atau instansi lainnya, beasiswa juga tak jarang diberikan oleh perguruan tinggi. Umumnya, beasiswa perguruan tinggi terdiri atas beasiswa prestasi dan nonprestasi. Salah satu perguruan tinggi yang menyediakan jalur beasiswa adalah Institut Teknologi Batam (ITEBA).

Baca Juga:  Hadirkan Fitur Baru, Instagram Bakalan “Gaji” Para Influencer

Itulah lima jenis-jenis beasiswa berdasarkan sumber pembiayaan. Kamu salah satu calon mahasiswa yang sedang mencari beasiswa?