fbpx

Indonesia Rilis 61 Film Lokal Sepanjang Pandemi

16 Juli 2021 | Film

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Kebudayaan Riset dan Teknologi Hilmar Farid mengungkapkan setidaknya sekitar 61 film telah diproduksi sineas Indonesia selama pandemi. “Selama beberapa bulan di semester kedua 2020 memang ada kelonggaran karena kasus positif mulai melandai sehingga ada ruang berkarya kembali, di beberapa kota bahkan bioskop sudah dibuka kembali,” kata Hilmar dalam konferensi pers daring jelang Festival Film Indonesia 2021 pada Kamis (15/7).

“Sayangnya beberapa waktu terakhir, kasus positif kembali naik dan ada pemberlakuan PPKM dan kegiatan-kegiatan kreatif termasuk produksi film terpaksa ditunda kembali.”

“Di tengah semua keterbatasan, kami mencatat film Indonesia terus berjuang untuk melahirkan karya-karya terbaik dan saya mencatat tidak kurang dari 61 film yang sudah tayang baik di bioskop maupun di OTT yang akan ikut di Festival Film Indonesia ini,” ucap Hilmar Farid.

Dalam kesempatan tersebut, Reza Rahadian dan Sutradara Garin Nugroho yang berperan sebagai Ketua Komite FFI dan Ketua Bidang Penjurian memastikan film-film yang tayang di layanan streaming (OTT) tetap akan menjadi bagian dalam Festival Film Indonesia 2021.

Baca Juga:  Keanu Reeves Dan Carrie-Anne Moss Akan Bintangi The Matrix 4

“OTT, media baru ini juga masuk penjurian, tentu saja karena sebetulnya ini adalah era media baru yang nantinya tidak ada Covid dan saling menghidupi dengan era gedung bioskop. Jadi, karya-karya di OTT tetap menjadi bagian untuk dinilai dalam penjurian,” kata Garin.

Tak hanya itu, FFI juga kali ini akan membuka kategori baru yakni Film Favorit, Aktris dan Aktor Favorit, yang bisa dipilih langsung oleh pencinta film.

“Ini adalah salah satu tawaran kami untuk menjadikan media baru sebagai bagian komunikasi dari festival film kali ini,” kata Garin dikutip dari CNN Indonesia.

“Inilah apa yang menjadi satu perkembangan dan menyempurnakan dari sistem juri lama yang telah menjalankan tugasnya dengan baik. Kini dengan masukan dan juga membaca Indonesia ke depan, penjurian disempurnakan dengan beberapa penekanan baru untuk kebersamaan semua.”

Para pencinta film diajak berperan aktif untuk kategori tersebut dan bisa mengakses laman resmi (www.festivalfilm.id) untuk detail pemberian suara bagi Artis, Aktor, dan Aktris Favorit.

Baca Juga:  Humaira Rilis Film Pendek Detik – Detik yang Lesap

Festival Film Indonesia 2021 juga akan diselenggarakan secara langsung dengan tetap menjunjung protokol kesehatan seperti yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. Festival Film Indonesia 2021 bakal diadakan pada 10 November 2021.