Gaji Freshgraduate 8 Juta, Kurangkah?

19 Agustus 2019 | Gaya Hidup
Salary/Istimewa

Beberapa waktu belakangan ini di media sosial, viral postingan mengenai lulusan baru suatu universitas negeri ternama Indonesia yang menolak tawaran gaji sebesar 8 juta Rupiah. Unggahan ini tentunya memancing beragam reaksi dari netizen.

Perusahaan media intelligence Isentia menangkap total ada 8.871 perbincangan media sosial terkait viral unggahan ini. Kebanyakan dari netizen, yakni sebesar 76.2% dari seluruh perbincangan, menanggapi dengan berlomba menyebutkan angka gaji pertama mereka. Sebagian dari netizen, terhitung 11.6%, setuju bahwa lulusan universitas bergengsi tersebut bisa mendapatkan gaji yang lebih dari 8 juta, sementara sisanya (12.2%) mengutarakan ketidak-sukaan karena dianggap terlalu sombong dan angkuh.

Berkaitan dengan topik gaji pertama yang mendominasi percakapan netizen, Isentia menganalisa data social listening dan menemukan bahwa sebagian besar netizen (52.1%) ternyata mendapatkan gaji pertama mereka di rentang Rp 1-3 juta, 44.5% mendapat di bawah Rp 1 juta, 2.7% mendapat Rp 3-5 juta, sementara hanya 0,7% dari netizen yang mendapatkan gaji pertama lebih dari Rp 5 juta.

“Dari hasil data ini kita bisa menyimpulkan bahwa ternyata gaji 8 juta untuk ukuran fresh graduate itu tergolong wow sekali,” jelas Rendy Ezra, Insights Manager dari Isentia.