fbpx
banner

Film Tilik, Bentuk Refleksi Masyarakat Indonesia Saat Ini

23 Agustus 2020 | Film
Tilik

Belum lama ini, sebuah film pendek bertajuk “Tilik” menjadi viral di media sosial, dimana film yang menampilkan karakter Bu Tejo dan Yu Ning ini mendapatkan pujian dan respon yang luar biasa dari para netizen.

Kedua karakter pada film tersebut dinilai mampu menggambarkan suasana masyarakat di Indonesia saat ini ketika berhadapan dengan informasi dari internet maupun media sosial.

Film ini sendiri sebenarnya sudah di rilis sejak tahun 2018, namun baru meledak ketika pada akhirnya di tayangkan lewat YouTube dan sampai saat ini, film pendek tersebut sudah ditonton lebih dari 3,5 juta kali.

Dalam bahasa Jawa, Tilik sendiri memiliki arti “kunjungan”, digambarkan dengan sekumpulan ibu-ibu dari suatu desa datang ke kota untuk menjenguk Bu Lurah desa nya yang sakit.

Sedari awal film, penonton diperkenalkan dengan sosok Bu Tejo yang selalu memulai pembicaraan berbau gosip alias ghibah. Dirinya terus mempertanyakan soal pekerjaan Dian, salah satu kembang desa yang dianggap mendapatkan uang dengan cara yang tidak halal.

Baca Juga:  Love for Sale 2, Misi Pencarian Jejak Arini

Bu Tejo sendiri sering kali melontarkan kalimat pedas dan julid-an khas netizen +62 yang selalu beranggapan kalau semua berita di internet adalah benar. Dia juga tidak jarang memojokan Yu Ning yang disebutnya kolot dan terlalu polos.

Namun suatu ketika, karakter Yu Ning yang skeptis dan tidak mudah percaya begitu saat akan semua yang disampaikan Bu Tejo menyerang balik dan mempertanyakan soal pekerjaan suaminya. Di saat itulah karakter Bu Tejo semakin terlihat menyebalkan, karena jatuhnya hanya ingin menggosipkan orang tapi tidak rela jadi bahan gosip.

Selama 26 menit, netizen bisa melihat perbedaan dua karakter tersebut dan yang paling signifikan adalah perbedaan mereka dalam menanggapi sumber berita dari internet, Bu Tejo yang selalu menelan mentah-mentah apa yang dilihat, sementara Yu Ning yang selalu memilah-milah.