fbpx
banner

Debut Album NIKI “MOONCHILD” Resmi Dirilis

13 September 2020 | Musik
NIKI Moonchild

Penyanyi, penulis lagu, multi-instrumentalis, dan produser asal Indonesia, NIKI, merilis debut album full-length yang sangat ditunggu-tunggu, MOONCHILD, via 88rising dan didistribusikan oleh 12Tone Music.

Dua tahun penuh dalam pembuatan, MOONCHILD adalah album konsep ambisius yang menelusuri perjalanan NIKI sendiri sambil menangani tema universal tentang identitas dan pemberdayaan. Sebuah alegori sonik, MOONCHILD menerangi jalur linier eksplorasi kaum muda melalui tiga fase bulan: bulan sabit (kepolosan, rasa ingin tahu, memulai), setengah bulan/gerhana (kehilangan harapan, kekecewaan) dan bulan purnama (penemuan diri, kekuatan).

Album itu sendiri menawarkan eksplorasi, memasukkan struktur lagu triptych-nya dengan gaya eklektik – R&B, pop, urban, punk, country – dari balada piano hingga lagu anthem yang diatur dengan indah.

“Kata “Moonchild’ datang kepada saya ketika saya akan melalui fase begadang di malam hari hanya untuk menulis musik,” jelas NIKI saat berbicara di MOONCHILD. “Saya menyadari betapa lebih berenergi dan terstimulasi yang saya rasakan di malam hari dibandingkan dengan siang hari, dan saya menyebut diri saya sebagai” anak bulan “karena itu. Saya mulai membayangkan seluruh alam semesta fiksi di kepala saya. Menghidupkan kisah-kisah itu serasa bagai rollercoaster! Saya melepaskan setiap dan semua praduga, aturan, dan batasan yang saya rasa terikat dan membiarkan kreativitas saya mengambil kendali ke segala arah. Anda tidak akan percaya senam mental yang saya lakukan untuk membawa album ini ke posisi sekarang.”

Baca Juga:  Bangkutaman Memperkenalkan Single Terbaru, “Dinamika”

Album berisikan sepuluh lagu ini menampilkan kolaborator seperti produser/penulis Jacob Ray, produser kolektif Bekon & the Donuts (Kendrick Lamar, SZA), dan produser Montreal Pomo (Anderson .Paak, Mac Miller). MOONCHILD termasuk single hit “Switchblade”, “Selene”, dan “Lose”, serta lagu baru “Wide Open (Foreword)”, “Nightcrawlers”, “Tide”, “Pandemonium”, “Plot Twist”, “If There Nothing Left…”, dan “Drive On”.

Berbicara tentang proyek sebelumnya, NIKI berkata, “Karya saya sebelumnya adalah tentang cinta dan masa muda, album ini sangat berakar pada diri sendiri. Ini pada dasarnya adalah perumpamaan musik tentang pertumbuhan, yang cocok karena itulah yang terjadi pada saya saat membuatnya. Tidak diragukan lagi, ini adalah proyek paling menantang yang pernah saya kerjakan, tetapi saya tidak akan menukar pengalaman itu dengan dunia!”