fbpx

CVX Kemas Ulang Lagu “Sesaat Kau Hadir” Utha Likumahuwa Menjadi Berwarna Retrofuturistik

16 November 2020 | Musik
CVX Remix Lagu Sesaat Kau Hadir Utha Likumahuwa

Menyusul single pertama “Sesaat Kau Hadir (Pablo Cikaso Remix)” untuk rilisan Extended Play (EP) Sesaat Kau Hadir Remixes, Warner Music Indonesia hari ini (13/11) resmi merilis single selanjutnya. Kali ini adalah CVX, yang kebagian meremix “Sesaat Kau Hadir” dari karya pop klasik Utha Likumahuwa.

Utha Likumahuwa, “Sesaat Kau Hadir (CVX Remix)” sudah dapat dinikmati melalui berbagai layanan streaming. Visualizer-nya juga hadir di kanal YouTube resmi Warner Music Indonesia.

“Sesaat Kau Hadir” adalah nomor yang melambungkan nama Utha Likumahuwa. Pertama kali dinyanyikan di Festival Lagu Populer Indonesia 1987, lagu ini menjadi favorit di acara tersebut. Lagu ikonik ini juga ditahbiskan jadi yang terbaik kedua pada ASEAN Pop Song Festival 1989, dengan Utha Likumahuwa sebagai penyanyinya.

Ikki Witjaksono/CVX

Ikki Witjaksono adalah sosok di balik CVX yang bertanggung jawab meremix “Sesaat Kau Hadir” kali ini. Di tangannya, lagu pop yang besar di tahun ’80-an itu menjadi bercorak ‘retrofuturistik’. Ikki mengadaptasi estetika ’80-an yang kental; berbasis elektronik, dengan corak new wave/retrowave kuat, mengingatkan pendengar pada lagu-lagu tema serial masa lalu seperti Miami Vice dan Knight Rider.

Gaya remix yang unik ini punya konsep tersendiri bagi CVX, “Saya mencoba bikin remix yang tetap singable seperti lagu aslinya, namun dengan mood dan energi yang berbeda.” Ikki juga menambahkan, “Saya membayangkan menyanyikan lagu ini sambil high-speed night driving. Haha.”

Di remix “Sesaat Kau Hadir” ini, Ikki juga mengajak gitaris Beraldy Dean untuk mengisi lick-lick gitar pada bagian akhir lagu. Hasilnya, “Sesaat Kau Hadir (CVX Remix)” memiliki corak tersendiri dalam usaha menghidupkan kembali lagu legendaris ini.

Baca Juga:  ONE OK ROCK Gelar Konser di Jakarta

Bagi Ikki, karakter suara Utha Likumahuwa sangat kental di lagu “Sesaat Kau Hadir”. Secara proses, Ikki menggambarkannya dengan, “[Saya] harus buat musik yang danceable tapi juga mencocokkan dengan suara Utha Likumahua, sehingga seakan-akan beliau memang menyanyikan di atas musik yang saya buat.”

Ikki sebagai CVX adalah sosok yang namanya sudah lebih dulu dikenal di kancah independen. Sebagai produser, dia sudah memiliki banyak katalog single, EP, bahkan album, menjadikannya produser muda yang terbilang sangat produktif.

Sebelum “Sesaat Kau Hadir (CVX Remix)”, CVX merilis singleMemaksa Diri” dan “Crawl” secara independen.

Seperti single remix sebelumnya dari Pablo Cikaso, “Sesaat Kau Hadir (CVX Remix)” dirilis bersama visualizer yang bisa ditonton di kanal YouTube resmi Warner Music Indonesia. Visualizer ini tercipta secara kolaboratif lewat tangan-tangan artis visual 3D Okky Firmansyah dan sutradara video klip/seniman video Henry Foundation.

Henry menggunakan sebagian objek 3D yang telah dibuat oleh Okky dan menganimasikannya dengan berbagai elemen lain. Di visualizer ini, Henry juga menggunakan salah satu potongan video aksi Utha Likumahuwa dari tahun 1987.

Proses pembuatan visualizer-nya juga terbilang unik. “Jadi saya bikin grafisnya, kemudian print visual tersebut ke pita VHS, karena saya memang ada alatnya. Jadi konsepnya, di-print ulang lewat VHS,” jelas Henry. “Ternyata hasilnya cukup otentik; kualitas VHS asli dengan resolusi rendah. ‘Buruk’ tapi estetik; VHS-aesthetics.”

Okky Firmansyah, seniman 3D yang bertanggung jawab me-render beberapa objek yang hadir di visualizer (juga membuat desain sampul rilisan ini), mengakui kalau dia memang mengangkat estetika ala ’80-an. “Proses kreatifnya; Mengombinasikan ciri khas gaya retro/vaporwave ala ’80-an dengan gaya surealis yang diolah melalui software grafik 3D,” jelas Okky.

Baca Juga:  Rindu Sosok Sang Ayah, Andre Taulany Rilis Single "Ayah"

Dia menginterpretasi singkat dari lirik lagu ini dengan menggambarkan seorang insan yang mencoba memilih jalannya yang baru di ruang harapan.

Rilisan Sesaat Kau Hadir Remixes ini merupakan bagian pertama dari kampanye besar WMI yang diberi nama Lagu Mesin Waktu. Inisiatif ini memiliki misi untuk meremajakan dan merekontekstualisasi musik Indonesia dari masa lalu ke pendengar masa kini.

Seperti harapannya pada Sesaat Kau Hadir Remixes, program ini diharapkan Managing Director Warner Music Indonesia, Toto Widjojo, dapat ‘menghidupkan kembali’ lagu-lagu seperti “Sesaat Kau Hadir” di telinga generasi milenial dan yang lebih muda lagi.

Lagu Mesin Waktu adalah jalan bagi musik-musik dari dekade ’80 dan ’90-an untuk kembali mendapatkan tempat di tengah pendengar yang semakin muda, selalu berganti, dan haus akan referensi musik-musik terbaik Tanah Air.

Lagu “Sesaat Kau Hadir” diciptakan oleh Boedi Bachtiar dan Adi Murdianto. Untuk pertama kalinya, Vokal Utha Likumahuwa direkam untuk lagu ini dalam momen Festival Lagu Populer Indonesia 1987. Rekamannya terdokumentasi dalam kompilasi 12 Lagu Unggulan Festival Lagu Populer Indonesia 1987 (Bulletin, 1987). Di album tersebut, “Sesaat Kau Hadir” adalah hit pertama.

Lewat lagu ini, Utha Likumahuwa mendapat gelar Penampil Terbaik Kedua di ASEAN Pop Song Festival 1989, di Manila. Bisa dibilang, “Sesaat Kau Hadir” merupakan lagu yang membawa Utha Likumahuwa berdiri di singgasana pop Tanah Air pada tahun ’80-an.

Lagu ini juga dipopulerkan penyanyi lain, di antaranya adalah Harvey Malaihollo dan Once Mekel.