fbpx

Cemeti-Institut Gelar Presentasi Publik “Clothing as A State of Power”

8 Desember 2020 | Seni

Busana yang kita kenakan tidak akan pernah lepas dari sistem hidup masyarakat, di mana pun itu. Kekuasaan niscaya terefleksikan melalui pakaian dan tubuh yang mengenakannya. Bukan hanya kekuasaan dalam pengertian struktural (misalnya, hubungan antara kelompok dominan dan subordinat), tetapi juga yang non-agensial dan non-struktural, yaitu tentang “kekuasaan yang ada di mana-mana dan berasal dari mana-mana”.

Menyelisik kompleksitas suatu relasi kekuasaan dapat dilakukan, salah satunya, dengan menelaah busana, entah dari aspek mekanisme produksi atau pun dari sisi proses pemaknaannya di masyarakat.

Presentasi publik ini membentangkan ragam interpretasi yang setidaknya berangkat dari tujuh kata kunci yang digali secara personal oleh masing-masing partisipan ketika membicarakan pakaian dalam hubungannya dengan kekuasaan: identitas, citra, fungsi, gender, ideologi, seragam dan simbol, serta makna dan ingatan. Alih-alih pameran, pemunculan karya-karya pada “Clothing as A State of Power” disebut sebagai ‘presentasi’ karena berangkat dari hasil studi yang masih akan terus berlangsung.

Baca Juga:  Sastrawan Sapardi Djoko Damono Meninggal Dunia

Dikembangkan dengan riset mandiri terhadap isu-isu aktual yang terkait pakaian, setiap partisipan mencoba memaparkan, dari sudut pandang artistik, bagaimana kekuasaan menjelma dan berada sebagai determinasi sosial lewat material dan visual yang kita gunakan sehari-hari.

Kunjungan Harian12 – 31 Desember 2020
Selasa – Sabtu / 10:00 – 17:00 WIB
4 sesi per hari (kecuali 15 – 16 Desember 2020 hanya 2 sesi)

*Terbatas untuk 8 orang per sesi.
*Tutup tanggal 24 – 25 Desember untuk Libur Natal.

Registrasi diwajibkan untuk setiap kunjungan dan pengunjung harus mematuhi protokol kesehatan. Ketuk tautan pada bio Instagram @cemeti.institute untuk melakukan registrasi sesuai jadwal yang telah kami sediakan. Informasi lebih lengkap dan FAQ protokol kesehatan dapat diakses melalui laman website  www.cemeti.art.