fbpx

Bottlesmoker Menggelar Monstera Soundbath Konser Relaksasi Melalui Tanaman & Bebunyian

31 Oktober 2020 | Musik
Bottlesmoker Menggelar Monstera Soundbath Konser Relaksasi Melalui Tanaman & Bebunyian

Setelah Konser Plantasia (Konser untuk Tanaman), Bottlesmoker kembali menggelar Monstera Soundbath, konser relaksasi melalui tanaman dan bebunyian. Konser ini merupakan pengembangan dari eksplorasi Bottlesmoker untuk menjadikan tanaman sebagai media kreativitasnya.

Bottlesmoker akan mengadaptasi konsep meditasi dengan menjadikan Monstera dan bebunyian sebagai medianya. Konsep pertunjukan ini merupakan bagian dari program eksperiment Bottlesmoker, dimana sebelumnya sering melakukan pertunjukan yang fokus pada mindfulness lifestyle dan tanaman. Seperti sound bath, sound healing, ecstatic dance hingga Konser Plantasia yang sudah digelar tanggal 25 Juli 2020.

Bekerja sama dengan Lou Belle Space dan Plantica Indonesia, sebagai ruang kreatif dan inkubator tanaman di Bandung, Bottlesmoker akan membuat komposisi musik khusus yang bisa memengaruhi manusia untuk mencapai titik relaksasi. Hasil penelitian dari beberapa peneliti tentang Monstera, ternyata tanaman ini bisa mengeluarkan vibrasi dan energi yang bisa diterima oleh manusia untuk menurunkan jumlah pikiran, memperbaiki oksigen dan relaksasi fisik. Oleh karena itu, Bottlesmoker berpikir untuk menguatkan manfaat Monstera untuk relaksasi dengan bebunyian khusus, seperti frekuensi bunyi di 1,9Hz hingga 3Hz, bunyi singing bowl, tingsha (simbal kecil yang digunakan dalam doa dan ritual oleh praktisi Buddha Tibet) hingga suara alam yang bisa mengarahkan manusia pada titik relaksasi.

Baca Juga:  Pantang Mundur Oleh Wabah Corona, Glastonbury 2020 Tetap Digelar

Monstera Soundbath ini mengikuti protokol pencegahan COVID-19, oleh karena itu peserta akan dibatasi sesuai dengan kapasitas dan mengikuti aturan social distancing. Di area relaksasi, Bottlesmoker akan menyediakan Monstera untuk diserap vibrasi positifnya dan didukung oleh kolaborasi musik dengan Balaruna. Untuk membantu peserta mencapai titik relaksasi, konser ini akan menyediakan instruktur meditasi.

“Ketika mempelajari tentang relaksasi dengan tumbuhan, ternyata Monstera memiliki kekuatan vibrasi yang baik. Kami terinspirasi untuk merespon tanaman ini sebagai media relaksasi yang didukung oleh bebunyian. Dan rasanya, untuk berkolaborasi denga Monstera secara langsung bisa memberikan pengalaman luar biasa” tutur Angkuy.

“Awal ide ini datang ketika ingin berbagi referensi kepada teman-teman tentang bagaimana mengalami titik relaksasi bisa membuat kita menjadi lebih baik, secara fisik maupun mental. Akhirnya kami gabungkan Monstera yang memiliki energi yang baik dengan bebunyian untuk membantu teman-teman mencapai titik relaksasi” tutur Nobie.

Bottlesmoker Menggelar Monstera Soundbath Konser Relaksasi Melalui Tanaman & Bebunyian