fbpx
banner

‘Bima Sakti’, Album Kolaborasi Senyawa dan Stephen O’Malley dari Sun O)))

27 Juli 2020 | Musik
Senyawa Bima Sakti

Duo eksperimental asal Yogyakarta, Senyawa baru saja melepas album rekaman kolaborasi dengan gitaris/produser Stephen O’Malley dari unit eksperimental/drone metal yang disegani Sunn O))).

Dirilis Kamis, 16 Juli kemarin, album bertajuk ‘Bima Sakti’ ini dicetak ke dalam format vinyl berwarna ungu terbatas hanya 700 kopi, dipasarkan lewat situs Boomkat Limited, sebuah toko musik online yang sudah menjual aneka rekaman musik sejak 2002 ke lebih dari 100 negara.

Album ‘Bima Sakti’ lahir dari sebuah pertemuan Senyawa dan Stephen O’Malley sendiri sejak 2018 silam. Saat itu O’Malley bersama sutradara dan koreografer teater Gisèle Vienne mengunjungi Jawa dan Bali sebagai bagian dari festival seni Europalia untuk mencari tahu ragam budaya, termasuk musik yang ada.

Ada total enam track di dalam album Bima Sakti yang menurut keterangan resmi adalah sebuah terobosan baru yang dibuat Senyawa dan O’Malley menghasilkan ramuan kuat dari gitar listrik dan penyembahan ampli gitar bass dicampur berbagai tonalitas luar biasa yang tercipta dari instrumen bambu mikik Wukir dan keunikan luar biasa dari vokal Rully Sabhara. “…, Pertunjukan ini secara efektif menghancurkan ribuan tahun praktik musik dan berpikir menjadi sebuah ekspresi keindahan dan kesedihan tunggal yang abadi, yang melampaui jumlah bagian-bagiannya,” tulis ulasan resminya.

Baca Juga:  YouTube Music Resmi Rilis di Indonesia

Selain O’Malley, Bima Sakti dimixing oleh Randall Dunn yang juga dikenal sebagai produser dari Sun O))) juga beberapa rekaman band lainnya seperti Boris, Jesse Skyes dan Earth. Album ini dimastering dan dicetak di D&M, Berlin, Jerman. Artworknya sendiri digarap Stefano Gerardi, foto digarap oleh Estelle Hanania.

Selain vinyl, album ‘Bima Sakti’ sendiri juga tersedia dalam format mp3, Flac dan Wav, semua tersedia di Boomkat.com.