fbpx
banner

Arc Yellow, Trio Grungy Asal Depok Rilis Single “Blunder”

21 September 2020 | Musik

Pasca dirilisnya Album ke-2 Arc Yellow, “Oh Well.. Nothing” pada bulan April tahun 2018 lalu hingga bulan April tahun 2020, trio grungy asal Depok ini belum merekam materi lagu baru lagi. Sampai pada akhirnya pada awal bulan juni 2020, Arc Yellow dan Aghan Sudrajat dari Monkey to Millionaire sepakat untuk mulai kerja kelompok dalam penggarapan single terbaru yang berjudul “Blunder”.

Sebelum masuk tahap recording, Aghan selaku produser, memberi waktu sebulan pada Arc Yellow untuk melakukan workshop terlebih dahulu. Tujuannya untuk merapihkan susunan setiap part pada lagu dan juga memilih sound yang akan dipakai pada saat recording nanti.

Menariknya, pada saat dilakukanya workshop selama satu bulan, Aghan sangat detail perihal ketukan drum. Sampai dengan selesainya single ini direkam, terdengar jelas literature ketukan yang lebih variatif dan bersemangat. Begitu pula saat sesi rekaman untuk drum, Aghan sengaja memberikan ide-ide ajaib, salah satunya menempatkan mic di dalam kamar mandi untuk mengejar hasil yang diinginkan.

Baca Juga:  Burgerkill Akan Rilis Mini Album ‘Killchestra’

Rekaman single “Blunder” ini dilakukan pada bulan juli 2020 di studio milik Aghan, Elephant Studio yang berada di Bilangan Barito, Jakarta Selatan. Rekaman sendiri dibagi menjadi 4 sesi, minggu pertama di bulan juli untuk sesi drum dan bass. Di akhir sesi rekaman drum dan bass, Aghan menawarkan ide menambahkan satu instrumen musik untuk mengisi salah satu part pada single “Blunder”. Hal pertama yang terpikir adalah menambah alat musik cello, tapi masih abu-abu siapa yang akan mengisi track cello tersebut.

Sesi rekaman ke-2 adalah saatnya untuk mengisi gitar. Awalnya seluruh distorsi diisi dengan sentuhan full fuzz pada saat workshop. Namun, Aghan menyarankan untuk mengurangi nuansa fuzz, dikarenakan Aghan ingin mengejar suasana sound yang lebih modern dan tidak terlalu raw seperti biasanya.

Di sesi rekaman ke-3 saatnya untuk mengisi track cello pada single “BULUNDER”, dan terjawablah sudah siapa yang akan mengisi cello pada track tersebut. Akhirnya, Ricky Surya Virgana dari White Shoes & The Couples Company membantu untuk mengisi track cello. Sangat menyenangkan dan takjub tentunya melihat Ricky memainkan cello dengan kontemporer yang syahdu.

Baca Juga:  Bandempo Rilis Single "Di Dermaga"

Tiba akhirnya pada sesi akhir rekaman untuk single ini, sesi terakhir ini adalah untuk vokal. Akan tetapi sebelum mulai recording, Arc Yellow dan Aghan melakukan diskusi kecil terlebih dahulu untuk lirik. Selain aransement lagu, Aghan pun terlibat untuk penggarapan lirik lagu ini.

Dalam kesempatan ini Arc Yellow sekaligus memperkenalkan bassis baru mereka, yakni Ragil Januar Rizky Payba yang resmi bergabung pada bulan maret 2020. Sedangkan untuk artwork dan cover single masih dipercayakan kepada Jooi.Booi, seniman yang juga berasal dari Depok. Dalam single ini juga melibatkan Hanzalah Usaidi, pemetik gitar indie-pop ter-jangly dari The Wellington sebagai model cover.

Single ini merupakan pembuka untuk rencana mini album yang akan segera dikerjakan akhir tahun nanti. “Blunder” rilis secara serentak di layanan streaming digital pada tanggal 18 september 2020.