fbpx
banner

Alurmaju Luncurkan Single Perdana “Tentang Pulang”

27 Juli 2020 | Musik
Alurmaju

Sebuah kabar baik datang di pertengahan tahun 2020 ini dari Faizal Aditya R., seorang musisi muda Jogja yang selama ini kerap dikenal berproses dalam proyek kolektif bersama beberapa band independen Yogyakarta seperti Archiblues, Answer Sheet, dan SIC. Ia juga pernah membantu mengisi instrumen bass untuk album Olski dan Sisir Tanah. Kali ini, Faizal berkarya lewat proyek solonya yang ia beri nama Alurmaju dan merilis sebuah single perdana berjudul “Tentang Pulang”.

Sedikit kilas balik tentang Alurmaju, proyek alter-ego dari Faizal ini resmi terbentuk pada tahun 2016 lewat gigs pertamanya di panggung senyap FKY (Festival Kesenian Yogyakarta) yang saat itu bertempat di Taman Kuliner Condongcatur, Yogyakarta. Alurmaju dibentuk untuk mewadahi beberapa lagu yang sudah Faizal ciptakan pada tahun 2012. Soal genre, Faizal lebih senang menyebut Alurmaju dengan pop. Menurutnya, lagu-lagu tersebut memang paling cocok jika dibawakan dalam format proyek solo seperti ini.

Single “Tentang Pulang” berkisah tentang seseorang yang sedang berada jauh dari kampung halamannya. Ia bercerita bahwa suatu saat ia ingin kembali lagi ke kota kelahirannya, mengingat betapa besar rasa rindunya akan suasana, kenangan, dan segala hal tentang kota itu. Lagu ini juga bisa ditujukan bagi orang yang sedang menjalani hubungan LDR (Long Distance Relationship) atau sedang merantau alias jauh dari keluarga karena tuntutan profesinya. Jadi, tema “kerinduan” yang dimaksud di sini bisa dibilang bersifat universal.

Baca Juga:  Judul Lagu Kolaborasi Lady Gaga dan BLACKPINK Bocor

Materi lagu ‘Tentang Pulang’ ini sebenarnya Faizal ciptakan pertama kali sejak tahun 2018. Lalu, single ini direkam secara multi-track pada Mei 2019 di Al Studio, Yogyakarta. Saat menggarap proyek ini, Faizal mengajak teman-teman musisi muda berbakat dari Jogja untuk mengisi beberapa instrumen di dalamnya, antara lain Radoy (drum), Zispan (bass), Erick Chandra (keyboard), dan Iyok (flute).

Proses rekaman diawali dengan beberapa workshop kecil terlebih dahulu, hingga akhirnya bisa dieksekusi secara langsung. “Dari segi proses arransemen lagu sih tidak ada kesulitan karena saya membebaskan para kolaborator instrumen untuk berimprovisasi di masing masing bagian, sehingga konsep kolaborasi itu semakin terasa. Selain itu, lagu ini juga sudah pernah dibawakan beberapa kali secara live seperti di FKY dan ARTJOG 2018,” ujar Faizal.

Selain itu, Faizal juga mengajak seniman visual muda Jogja bernama Amel yang dikenal dengan akun instagram @nuramaliapw untuk berkolaborasi menggarap artwork lagu ‘Tentang Pulang’ ini. Proses pengerjaan artwork tersebut menempuh waktu kurang lebih seminggu.

Baca Juga:  Tahun Ini Spotify on Stage 2019 Digelar di Jakarta

“Saya harap dengan rilisnya single perdana ini, dapat menjadi gerbang pembuka Alurmaju untuk terus berproses kreatif, memberi warna musik baru, dan saya harap bisa terus produktif dengan meluncurkan single-single berikutnya yang sudah diselesaikan,” harapnya.

Setelah single ‘Tentang Pulang’ rilis tanggal 24 Juli 2020 dalam format audio ke seluruh layanan musik digital, rencana terdekat Alurmaju yakni akan segera melempar video musik resminya yang sudah digarap di Austria. Secara konsep, video musik tersebut juga terwujud dari hasil kolaborasi.

Selain itu, proses dan target yang ingin dicapai Alurmaju selanjutnya yaitu menelurkan sebuah EP/mini album yang berisi sekitar 5 buah lagu. “Untuk saat ini, kita sebagai musisi hanya bisa menanam sebuah karya yang kelak akan dipanen di esok hari. Untuk proses mini album, saya harap bisa selesai di tahun 2020 ini,” pungkas Faizal.