fbpx

Ableton Live 11 akan Hadir Awal Tahun 2021

15 November 2020 | Musik
Ableton Live 11

Ableton baru saja mengumumkan perilisan Live 11 pada 10 November kemarin. Versi terbaru software kreasi dan performance musik mereka yang memungkinkan kamu melakukan take yang sempurna dengan comping, compose dengan lebih banyak perasaan menggunakan MPE, bereksperimen dengan perangkat baru, dan banyak lagi.

Live 11 dibuat untuk memenuhi berbagai kebutuhan pembuatan musik, baik merekam, tampil, atau bereksperimen melalui beberapa kelompok fitur utama:

Comping

Ableton Live 11 - Comping

Comping – Live mengatur beberapa lintasan dari kinerja audio atau MIDI menjadi rekaman individu. Bagian terbaik dari pengambilan ini kemudian dapat digabungkan untuk mendapatkan hasil akhir yang diinginkan. Comping juga dapat digunakan sebagai cara yang menyenangkan untuk mengeksplorasi suara dan proses desain suara.

Linked-track editing – Tautkan dua trek atau lebih untuk mengedit kontennya secara bersamaan.

MIDI Polyphonic Expression

Live 11 MIDI Polyphonic Expression

MPE support – Memungkinkan musisi menambahkan bend, slide, dan tekanan untuk setiap not individu dalam sebuah akor, menambahkan variasi ekspresi yang halus, beralih di antara akor, dan membuat tekstur sonik yang berkembang dengan lebih mudah.

Expression View – Musisi dapat mengedit pitch, slide, dan envelope tekanan dari setiap not untuk menyempurnakan ekspresi take atau melakukan desain suara dengan cara baru dengan mengurutkan variasi suara polifonik.

MPE-capable native devices – Wavetable, Sampler dan Arpeggiator diperbarui untuk mendukung MPE. Musisi sekarang dapat mengontrol parameter per not untuk perangkat ini, serta plug-in pihak ketiga.

New devices Hybrid Reverb – Menggabungkan konvolusi dan gema algoritmik, memungkinkan untuk menciptakan ruang apa pun, dari lingkungan kehidupan nyata yang akurat hingga lingkungan yang menentang realitas fisik.

Spectral Resonator – Memecah spektrum sinyal audio yang masuk menjadi sebagian, lalu meregang, menggeser, dan mengaburkan hasilnya dengan frekuensi atau nada dengan cara yang halus atau radikal. Input sidechain MIDI juga memungkinkan musisi untuk memproses materi dalam kunci dan bahkan memainkan perangkat seolah-olah itu adalah instrumen polifonik.

Spectral Time – Mengubah suara menjadi sebagian dan memasukkannya ke dalam delay berbasis frekuensi, menghasilkan gema logam, bergeser frekuensi, dan efek seperti reverb. Fungsi Freeze menangkap dan menahan sepotong audio – baik yang berjalan bebas atau mengikuti irama – untuk efek yang tersendat-sendat, terputus-putus, dan luntur.

Inspired by Nature – Enam instrumen dan efek menyenangkan yang menggunakan alam dan fisika sebagai inspirasinya. Dibuat bekerja sama dengan Dillon Bastan.

PitchLoop89 – Menciptakan efek glitch yang gelisah, kilau digital yang tertunda, dan vibrato yang aneh. Dibuat bekerja sama dengan Robert Henke.

Baca Juga:  Rayakan Tiga Tahun di Indonesia, TikTok Luncurkan Sama-Sama Dari TikTok

Features for the stage

Live 11 - Features for the stage

Live Tempo Following – Live mendengarkan dan menyesuaikan temponya berdasarkan audio yang masuk secara real time, menjadikannya bagian dinamis dari band, bukan sumber tempo yang harus diikuti semua orang.

Macro Snapshots – Musisi dapat menyimpan status Makro untuk digunakan kembali nanti – cara cepat untuk membuat variasi instan pada suara, atau build and drop selama pertunjukan.

Rack improvements – Rak dapat dikonfigurasi untuk memiliki antara 1 dan 16 Makro, status Makro dapat diacak dengan menekan sebuah tombol.

Tools to add chance

Live 11 - Tools to add chance

Note chance – Tetapkan probabilitas bahwa not atau pukulan drum akan terjadi dan biarkan Live menghasilkan variasi mengejutkan pada pola yang berubah seiring waktu.

Velocity chance – Tentukan rentang probabilitas kecepatan untuk variasi halus dan manusiawi dalam dinamika pola.

Improved Follow Actions – Follow Actions sekarang dapat ditautkan ke panjang klip, diatur untuk melompat ke klip tertentu dan diaktifkan serta dinonaktifkan secara global. Scene Follow Actions memungkinkan pengaturan yang berkembang.

New sounds

Voice Box – Koleksi lengkap sampel vokal kontemporer dari berbagai suara, satu set instrumen vokal yang dapat dimainkan, dan Effect Racks yang dirancang untuk pemrosesan vokal.

Mood Reel – Instrumen berlapis yang menggugah menggabungkan suara organik dan sintetis dengan elemen tekstur untuk menambah suasana hati, ruang, dan gerakan pada produksi.

Drone Lab – Sampel rona dan tekstur, derau generatif, instrumen multisampling, plus perangkat dan Effect Racks yang dirancang untuk eksperimen.

Upright Piano – Upright Piano direkam secara dekat untuk nuansa yang akrab – suara klasik yang cocok untuk berbagai gaya musik. Dibuat bekerja sama dengan Spitfire Audio.

Brass Quartet – Instrumen ini menonjolkan kesegaran alami, jangkauan ekspresi, dan nada suara yang luas dari kuartet kuningan. Dibuat bekerja sama dengan Spitfire Audio.

String Quartet – Kombinasi dua biola, biola dan cello ini memiliki suara yang langsung akrab, dan juga merupakan titik awal yang bagus untuk eksplorasi sonik. Dibuat bekerja sama dengan Spitfire Audio.

More additions and updates

Selain itu, Ableton Live 11 menghadirkan berbagai macam perubahan dan pembaruan yang membantu musisi menjelajahi, menangkap, dan menyempurnakan lebih banyak hasil kreatif mereka.

Refined clip editing – Musisi dapat mengedit loop dari beberapa klip secara bersamaan, fokus pada satu klip dalam konteks dan dengan mudah mengubah seluruh aransemen dari satu piano roll.

Improved CPU metering – Live sekarang menunjukkan penggunaan CPU saat ini dan rata-rata. Pengukur CPU per track menunjukkan track mana dalam set yang menggunakan daya pemrosesan paling banyak.

Baca Juga:  Gelombang Terakhir dari Irwin Ardy

Keys and scales – Memungkinkan musisi untuk menggunakan tangga nada secara langsung di editor MIDI Live sebagai panduan atau referensi dengan melihat not mana yang ada di kunci atau melipat piano roll untuk hanya menampilkan not tersebut.

Improved Clip Detail View – Tab baru dan panel lipat dalam Clip Detail View memberikan gambaran umum yang lebih jelas dan akses ke parameter dan properti yang relevan dari klip audio dan MIDI.

Updated devices – Perangkat yang sudah ada dalam Live – termasuk Redux, Phaser-Flanger, dan Chorus-Ensemble – sekarang memiliki rentang dan mode baru yang diperluas, menambahkan lebih banyak suara dan membuat setiap perangkat lebih musikal dan dapat digunakan di setiap sesi yang digunakan.

Updated Core Library – Core Library Live diperluas dengan kit drum baru, Rak Instrumen, Rak Efek Audio, Groove, presets, dan loop, semuanya dengan fokus pada produksi musik kontemporer.

Updated Packs – Paket yang dipilih dari Library Live sekarang menyertakan alur drum MIDI baru, akord MIDI, lick, dan basslines yang dimainkan oleh pemain keyboard profesional, presets mix-ready, dan banyak lagi.

Ableton saat ini menawarkan diskon 20% untuk pembelian Ableton Live 10 dan peningkatan dari versi sebelumnya. Pelanggan yang membeli Live 10 selama periode ini juga akan mendapatkan salinan Ableton Live 11 gratis saat dirilis pada awal 2021.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang promo dan fitur baru pada Ableton Live 11, kamu bisa kunjungi Ableton.com.

Tentang Ableton

Ableton membuat produk bagi pembuat musik untuk membuat, memproduksi, dan menampilkan musik. Ini termasuk Live, perangkat lunak yang menggabungkan teknologi studio tradisional dengan kebebasan bekerja tanpa garis waktu; Push, instrumen perangkat keras untuk bermain dan mengarang secara langsung dengan Live; dan Link, teknologi yang memungkinkan banyak perangkat bermain bersama dalam waktu bersamaan melalui koneksi nirkabel.

Ableton didirikan pada 1999 oleh musisi yang membutuhkan alat kreatif baru. Versi pertama Live dirilis pada tahun 2001. Perusahaan ini dipimpin oleh pendirinya dari kantor pusatnya di Berlin, dan memiliki kantor tambahan di Los Angeles dan Tokyo. Sekitar 430 orang bekerja di Ableton di seluruh dunia.