fbpx

5 Infrastruktur Ini Perlu Dipersiapkan untuk Membangun Kampus Digital

16 Agustus 2021 | Gaya Hidup

Pandemi Covid-19 membuat hampir seluruh aktivitas dilakukan dengan bantuan teknologi. Beragam aktivitas dilakukan secara daring, tak terkecuali kegiatan belajar mengajar di perkuliahan. Selain civitas academica, kampus pun perlu mempersiapkan diri untuk menciptakan ekosistem kampus dengan basis digital. Dengan demikian, kegiatan kuliah daring akan berjalan lebih lancar tanpa hambatan.

1. Perangkat digital untuk merealisasikan kampus digital

Sistem dan teknologi adalah dua hal utama dalam digitalisasi kampus. Lembaga pendidikan harus menyediakan perangkat teknologi yang lengkap untuk civitas academica. Misalnya, seperti laptop dan alat teknologi pendukung lainnya. 

2. Sistem akademik kampus

Digitalisasi pendidikan tinggi menjadi hal utama sebelum lembaga pendidikan bergerak ke arah digital. Kampus perlu menyiapkan sistem akademik kampus (SIAKAD) yang memudahkan pengelolaan data akademik dan non-akademik. SIAKAD juga dapat membantu kampus saat melaporkan data akademik ke Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Hal ini juga tentunya akan membantu para mahasiswa maupun dosen untuk melihat dan memasukan nilai harian maupun nilai akhir.

Baca Juga:  Belanja Baju dengan Prinsip Orang Jepang di Bobo Tokyo

3. Kurikulum berbasis digital

Seluruh sistem akan berjalan lancar jika telah terdapat kurikulum digital. Pemerintah telah mencetuskan kurikulum pendidikan berbasis STEAM atau science, technology, engineering, art, dan mathematics. Kurikulum ini bisa menjadi lima aspek yang wajib diterapkan dalam lembaga pendidikan. Karena itu, kurikulum berbasis teknologi menjadi salah satu infrastruktur yang wajib dibangun untuk merealisasikan kampus digital.

4. Platform e-Learning sebagai infrastruktur kampus digital

Salah satu infrastruktur kampus digital yang perlu disiapkan lembaga pendidikan adalah platform belajar online atau e-learning. Belajar mengajar secara daring tentu berbeda dengan kegiatan belajar offline. Pembelajaran daring dapat dilakukan dengan waktu yang tak tentu. Oleh karena itu, kampus perlu menyediakan platform e-learning agar mahasiswa tetap dapat belajar, meskipun waktu perkuliahan telah berakhir. Platform e-learning ini juga bermanfaat untuk mengasah skill mahasiswa dan menjadi bekal untuk masa depan gemilang.

5. Artificial Intelligence dan machine learning

Untuk menciptakan kegiatan perkuliahan secara digital, lembaga pendidikan perlu memberikan pemahaman tentang Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning sebagai teknologi masa depan. Berikan informasi atau bahkan praktik-praktik penciptaan AI untuk infrastruktur kampus digital.

Baca Juga:  Sukses Hadirkan Konser Prep Dari London, Mola & Chill Fridays Music Evenings Akan Tampilkan Charlie Puth

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *