fbpx
banner

5 Cara Aman Masuk Kerja di Era New Normal

16 Juni 2020 | Gaya Hidup
Era New Normal

Tanggal 2 Juni 2020 yang lalu mayoritas kantor baik di Jakarta dan di wilayah Indonesia lainnya akan memulai “New Normal“. Kurang lebih tercatat 25 kabupaten atau kota yang akan memulai kegiatan seperti biasa.

Tapi pertanyaan besarnya adalah bagaimana caranya agar kita atau minimal diri sendiri tetap aman dan jauh dari virus yang merepotkan ini? Saya merangkum 5 cara aman untuk tetap berkegiatan selama masa pandemi COVID-19 di bawah ini. 

Gunakan Masker

Masker

Baik masker bahan ataupun masker bedah, penggunaan masker adalah salah satu cara yang efektif untuk mencegah virus COVID-19 masuk ke dalam tubuh. Atau mungkin bisa juga menggunakan tambahan face shield jika memang benar-benar takut, tapi Saya rasa menggunakan masker saja sudah cukup. Karena menggunakan face shield terlihat seperti tukang las.

Jangan lupa juga untuk mencuci masker kain dengan air panas agar tetap steril, dan ingat masker bedah hanya bisa digunakan 1 kali! Tapi sebaiknya marilah mulai mengkoleksi masker kain, selain terlihat lebih keren fungsinya juga biar tidak terlihat pakai masker yang itu-itu saja dan membuat sekeliling jadi parno.

Baca Juga:  Smart Watch, Trend di Kalangan Anak dan Kebutuhan Orang Tua

Cuci Tangan dan Ganti Pakaian

Cuci Tangan

Biasanya kantor akan menerapkan serangkaian protokol kesehatan mulai dari sebelum masuk gedung kantor. Tanpa protokol itu pun sebenarnya kita memang wajib mencuci tangan jika habis bepergian baik dari rumah ke kantor ataupun sebaliknya.

Jika ingin lebih bersih nggak ada salahnya juga membawa pakaian ganti sehingga tidak membawa polutan dari jalanan atau tempat umum menuju ruang kerja.

Bawa Hand Sanitizer

Hand Sanitizer

Minimal satu orang punya satu hand sanitizer yang menemaninya kemana-mana. Karena tentu saja kita tidak tahu seberapa steril barang-barang yang ada di sekeliling yang baru saja disentuh. Jika hanya memegang untuk memindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya atau memegang uang  tentu terasa malas kalau harus langsung cuci tangan dengan sabut. Oleh sebab itu hand sanitizer menjadi jawaban atas kemalasan tersebut.

Tetap Jaga Jarak

Jaga Jarak

Untuk saat-saat seperti ini salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah jarak dengan rekan kerja. Bukan bermaksud untuk sombong, tapi demi menjaga kesehatan bersama. Setidaknya, ambil jarak 1,5 sampai 2 meter sesuai anjuran WHO. Hindari situasi yang memungkinkan ada banyak orang berkumpul misalnya antre di toilet atau dalam lift. Biasanya kantor menyediakan denah lokasi berdiri agar jarak terpantau dan tidak saling berhadapan.

Baca Juga:  Kenyamanan, Tren, dan Gaya, Menjadi Kesatuan Nyata dalam Nike Icon Clash

Asupan Makanan Sehat

Makanan Sehat

Melansir dari CNN Indonesia, Dokter Sisilia Elfani menyarankan untuk selalu memperhatikan asupan makanan yang bernutrisi lengkap. Selain itu juga cukup istirahat, olahraga dan cukup asupan cairan.

Untuk kebutuhan cairan sebenarnya setiap orang akan berbeda menyesuaikan jenis kelamin, berat badan, juga aktivitas yang dilakukan. Hanya saja, rata-rata kebutuhan cairan untuk laki-laki sebanyak 2,5-2,7 liter  air sedangkan perempuan sebanyak 2,2-2,5 liter air.

Konsumsi suplemen enggak masalah. Biasanya untuk suplemen vitamin C, yang dijual di pasaran kandungannya 500 miligram, itu sekali sehari cukup,” katanya.

Kurang lebih 5 hal tersebutlah yang bisa dilakukan agar para pekerja yang sudah memasuki “New Normal“. Semoga kita semua bisa tetap sehat dan terhindar dari COVID-19!