fbpx

4 Hal yang Perlu Kamu Ketahui untuk Mendapatkan Pengalaman yang Menyenangkan di Platform Pencarian Jodoh

22 Desember 2020 | Gaya Hidup

Terdapat istilah ‘ada banyak ikan di laut’ dalam mencari pasangan hidup. Namun, terkadang sulit untuk menemukan pasangan yang tepat karena kita memiliki beberapa kriteria tertentu atau bahkan tidak punya waktu untuk mencari pasangan. Seiring berkembangnya teknologi, cara kita terhubung satu sama lain pun juga mengalami perubahan sehingga sekarang kita dapat lebih mudah bertemu orang baru lewat internet. Platform pencarian jodoh, seperti Hawaya, menyediakan cara untuk memperbarui status bagi orang-orang yang ingin berkomitmen lebih serius dalam berhubungan.
 
Hawaya didirikan pada 2017 oleh Sameh Saleh di Mesir. Dia menciptakan aplikasi tersebut untuk membantu saudara perempuannya memperoleh pengalaman yang menyenangkan, nyaman dan aman menuju pernikahan melalui platform tersebut. Sejalan dengan ekspansi Hawaya di Eropa, Amerika Utara dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, aplikasi ini menyediakan jalan untuk menghubungkan Muslim Indonesia menemukan cinta sejati mereka dengan platform pencarian jodoh yang nyaman. Tidak hanya aplikasi, Hawaya meluncurkan sebuah program bernama #SistersinHearts di Indonesia, yang menghadirkan berbagai pakar untuk membantu Muslim yang berstatus lajang memecahkan masalah percintaan mereka. Pada sesi pertama, Hawaya mengundang Ria Ricis sebagai pembawa acara dan dr. Ratna Mardiati, seorang psikiater untuk orang dewasa, yang membagikan perspektif mereka tentang cinta dan tantangan yang dihadapi Muslim lajang dalam membangun sebuah hubungan. #SistersinHearts memberikan solusi bagi para Muslim lajang untuk menciptakan perjalanan yang bermakna dalam menemukan pasangan hidup.
 
Berikut adalah empat hal yang perlu kamu ketahui untuk menciptakan pengalaman yang menyenangkan lewat platform pencarian jodoh:
 
Ketahui tujuanmu dan niat mereka
Kamu harus mengetahui tujuanmu sebelum terjun ke platform pencarian jodoh. Hal ini penting supaya kamu dapat memilih aplikasi yang sesuai berdasarkan tujuanmu karena ada banyak alasan tiap orang dalam menggunakan aplikasi pencarian jodoh, baik untuk mencari pacar, teman, atau pasangan hidup. Selain itu, kamu juga harus lebih mengenal dirimu sendiri dan kriteria pasanganmu untuk menetapkan standar karena terdapat banyak pilihan yang tersedia. Selanjutnya, kamu juga harus memastikan niat mereka sebelum melangkah lebih jauh.
 
Berdasarkan survei Hawaya (2020) yang melibatkan perempuan dan laki-laki Muslim Indonesia berusia antara 20-40 tahun sebagai responden, 93% responden perempuan Indonesia terbuka untuk menggunakan platform pencarian jodoh untuk mencari pasangan hidup. 87% responden juga mengatakan bahwa mereka berharap menemukan seseorang dengan keyakinan yang sama dan sejalan dengan harapan orang tua mereka.
 
Buat profil yang menarik
Platform pencarian jodoh mengubah cara pandang kita tentang cinta dalam hal membangun hubungan yang serius. Misalnya, orang yang ingin menjalin hubungan jangka panjang sebaiknya jujur dalam menuliskan deskripsi tentang dirinya. Deskripsi ini menunjukkan karakteristik dan profil yang dapat mencerminkan seberapa serius mereka dalam hal menjalin hubungan. Selain itu, deskripsi tersebut juga menggambarkan hobi, passion, dan karakteristik mereka yang bisa menjadi topik pembicaraan. Kamu juga sebaiknya membangun citra yang jelas dan menarik tentang dirimu untuk membuat kesan pertama yang baik. Sangat dianjurkan bagi kamu untuk percaya diri dengan foto diri sendiri untuk membangun kepercayaan satu sama lain.
 
Di Hawaya, privasi dan keamananmu sangat dijaga karena Hawaya berfokus pada pembuatan aplikasi yang nyaman untuk penggunanya. Saat mendaftar, Hawaya mengotentikasi semua pengguna baru menggunakan sistem ‘verifikasi selfie’ yang bekerja menggunakan infrastruktur teknologi yang telah dikembangkan untuk mencegah pembuatan profil palsu.
 
Pilih topik pembicaraanmu dengan bijak
Percakapan yang baik di awal dapat membawamu ke perjalanan yang lebih bermakna. Arahkan percakapan dengan cara yang tulus dan jangan terburu-buru. Temukan beberapa topik yang menurutmu menarik. Jadilah dirimu sendiri. Hal ini penting karena kamu pasti menginginkan seseorang yang dapat kamu ajak berbagi banyak hal setiap malam sebelum tidur. Mulailah dengan pertanyaan yang tidak terlalu personal untuk memberimu gambaran tentang dia. Kemudian, kamu dapat membicarakan hal-hal yang penting bagi hidupmu untuk mengetahui apakah dia tertarik. Menurut dr. Ratna, pasangan kita mencerminkan siapa kita dan nasib kita berubah ketika kita ingin berubah. Karenanya, penting untuk berkomunikasi dengan sopan. Perhatikan dan lihat bagaimana tanggapan mereka sehingga kita akan tahu kemana arah angin bertiup. Lebih baik kita menjauh jika mereka memberikan tanggapan yang kurang baik.
 
Hawaya juga memiliki fitur yang berguna untuk memfasilitasi percakapan yang lebih menyenangkan dengan pencair suasana yang menarik, dan pembuka percakapan yang dipersonalisasi. Fitur unik lainnya dari aplikasi ini adalah “Exclusive Mode”, yang dapat diaktifkan ketika pengguna telah memutuskan bahwa mereka ingin lebih eksklusif. Mode ini menonaktifkan percakapan lainnya yang sedang berlangsung untuk kedua pengguna.
 
Pastikan semuanya berjalan sesuai jalurnya
Hanya karena kamu match dengan seseorang, bukan berarti kamu harus memulai hubungan yang serius pada saat yang bersamaan. Lagipula, penting untuk mengetahui apakah kalian berdua cocok atau tidak. Sebelum menjalin hubungan, kamu perlu saling memberi waktu yang akan membuat kalian bisa dapat saling memahami. Setelah kamu yakin bahwa orang tersebut baik dan dapat dipercaya, kamu dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.
 
Menurut dr. Ratna, sangat disarankan untuk memiliki pendapat pihak ketiga dari orang-orang yang memahami kita, baik teman atau keluarga. Cara ini akan memberikan kita perspektif dari orang lain. Dalam aplikasi Hawaya, terdapat fitur keamanan “Guardian”, yang memungkinkan pengguna untuk melibatkan orang yang dipercaya, seperti teman atau anggota keluarga, dalam berkomunikasi sambil mengenal (calon) pasangan mereka. Hawaya juga menawarkan opsi kepada pengguna perempuan untuk mengaburkan foto profil.

Baca Juga:  Jelang Mid-Year, Lazada Banting Harga

erkomitmen dalam hubungan bukanlah hal yang sulit jika kamu paham akan dirimu sendiri. Saatnya #carijodohwithhawaya untuk temukan pasangan hidupmu sekarang. Unduh Hawaya di AppStore di perangkat Apple dan Google Play Store di perangkat Android. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.hawaya.com atau Instagram @hawaya_app.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *