fbpx

3 TED Talks Ini Tepat Untuk Pelajari Sains dan Teknologi Terkini

8 Desember 2020 | Gaya Hidup

Sains dan teknologi adalah ilmu yang selalu berkembang. Dengan perkembangan sains dan teknologi, inovasi akan selalu hadir. Ada beragam media dan organisasi untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut. Salah satu organisasi yang bisa menjadi tempat pembelajaran, termasuk juga tentang sains dan teknologi, adalah TED (Technology, Entertainment, Design) melalui TED Talks.

TED sendiri adalah organisasi nirlaba yang mengabdikan diri untuk penyebaran ide-ide berharga dan bernilai alias “Ideas worth spreading” sesuai slogannya, biasanya dalam bentuk presentasi singkat dan kuat. Didirikan sejak 1984, TED mulai menggelar konferensi tahunan sejak 1990, dan hingga kini TED Talks telah dilangsungkan di berbagai negara, dalam lebih dari 100 bahasa. Video presentasinya pun rutin diunggah di situs dan kanal YouTube-nya, sehingga bisa menjadi bahan pembelajaran untuk semua.

Sejak kehadirannya, TED sangat menginspirasi. Untuk berbagi ide, TED Talks diciptakan dengan mendatangkan tokoh-tokoh inspiratif, yang bertujuan untuk membuka wawasan. Salah satu institusi pendidikan unggulan bidang sains, teknologi dan desain, yang berbasis di Batam, Kepulauan Riau, adalah Institut Teknologi Batam (ITEBA), yang memberi perhatian pada lulusan berkualitas bidang teknologi. ITEBA merangkum beberapa TED Talks bidang sains dan teknologi terbaik yang penting kamu simak, khususnya jika kamu ingin mempelajari sains dan teknologi terkini. Simak ulasannya:

Baca Juga:  Disko Di Rumah, Cara Baru Bersenang-Senang Dikala Pandemi

3 TED Talks dalam Bidang Sains dan Teknologi

1. Sylvain Duranton – “How humans and AI can work together to create better businesses”

Dalam TED Talks berjudul “How humans and AI can work together to create better businesses”, Sylvain Duranton, Global Leader BCG GAMMA, sebuah unit dari Boston Consulting Group yang mengaplikasikan data science serta advanced analytics untuk bisnis.

Manusia seringkali senang dengan hadirnya teknologi, tak terkecuali dunia bisnis. Teknologi dianggap dapat membuat bisnis menjadi lebih efisien. Namun, nyatanya kecerdasan buatan, seperti Artificial Intelligence (AI), bisa jadi kurang efisien dalam jangka panjang. Dalam Talks ini, Duranton menyampaikan bahwa AI dan manusia dapat berkolaborasi dan tidak dapat menggantikan satu sama lain.

2. Gwynne Shotwell – “SpaceX’s plan to fly you across the globe in 30 Minutes”

Gwynne Shotwell merupakan President & COO dari SpaceX, perusahaan transportasi luar angkasa swasta Amerika Serikat yang didirikan oleh Elon Musk. Perusahaan ini dikenal dengan proyek antariksa yang berencana membangun koloni manusia di planet Mars. Dengan ragam inovasi yang terus dikembangkan, SpaceX akan menjadi kunci yang mendatangkan manusia ke planet Mars.

Dalam TED Talks ini, Shotwell membicarakan banyak hal mengenai pengalamannya bekerja dengan Elon Musk. Termasuk juga visi jangka panjang SpaceX yang tidak hanya akan mengeksplorasi planet Mars, namun juga mengeksplorasi galaksi Bima Sakti.

Baca Juga:  Dubai Quranic Park, Destinasi Wisata Islami Baru

3. Joseph DeSimone – “What if 3D printing was 100x faster?”

Penemu dan ahli kimia Joseph DeSimone menjelaskan mengapa desain yang rumit, hanya mungkin dapat dilakukan dengan printer 3D. Akan tetapi, teknologi pencetakan 3D yang kita miliki saat ini sangat terbatas.

Terinspirasi dari film Terminator 2 saat robot T1000 melebur jadi cairan logam, Prof. Joseph DeSimone dari University of North Carolina membuat sebuah printer 3D. Prof. Joseph DeSimone membangun perusahaan Carbon 3D, di mana printer 3D yang diproduksi oleh ahli kimia ini berbeda dari printer 3D lainnya. Selain dari metode, kecepatan produksi printer 3D ini juga jauh lebih cepat.

Itulah beberapa TED Talks tentang sains dan teknologi yang menarik atau penting untuk kamu yang ingin mempelajari terkait sains dan teknologi. TED Talks telah membuktikan bahwa ilmu sains dan teknologi dapat dipelajari di mana saja. Jika tertarik mendalami ilmu teknologi dan sains lebih jauh, kamu juga bisa menjadi bagian dari Institut Teknologi Batam (ITEBA). Telah dibuka pendaftaran bagi mahasiswa baru ITEBA untuk tahun ajaran 2021/2022. Untuk informasi lengkapnya, kunjungi situs ITEBA https://iteba.ac.id dan ketahui lebih jauh tentang #ImproveOurCompetence.